Kekurangan Guru, DPRD Panggil Kadisdik

0
470
Sidak: Ketua Komisi I DPRD Tanjungpinang, Maskur Tilawahyu didampingi H Ilimar saat sidak ke SMPN 1 Tanjungpinang, belum lama ini. f-MARTUNAS/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – KETUA dan anggota Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang membidangi pendidikan akan melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, HZ Dadang AG terkait rotasi guru. Perpindahan tenaga pengajar itu menyisahkan persoalan kekurangan guru di beberapa sekolah.

Hal ini dikatakan Ketua Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang, Maskur Tilawahyu. Pihaknya memanggil karena tak diberikan informasi terkait rotasi guru yang membuat keberatan beberapa kepala sekolah. ”Kami dari Komisi I tidak dilibatkan dalam hal ini, tiba-tiba sudah terima laporan dari beberapa kepala sekolah terkait kekurangan tenaga pengajar karena dipindahkan ke sekolah lain,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (13/9) kemarin.

Ia menuturkan, bila ingin melakukan rotasi hendaknya pihaknya diiformasikan, minimal untuk memberikan masukan dan bisa memberikan jawaban bila ada pertanyaan dari beberapa pihak yang kurang setuju atau merasa dirugikan. ”Saya rasa kepala sekolah jarang mengeluh, tetapi jika terkait kekurangan tenaga pengajar maka wajib dipertanyakan dan diberikan solusi,” paparnya.

Dituturkannya, beberapa kepala sekolah melaporkan hal tersebut dan meminta solusi atas kekurangan guru. Ini perlu pembahasan bersama dengan Kadisdik. ”Kemarin kami sudah jadwalkan RDP tetapi Pak Dadang sedang tidak di Tanjungpinang, kami segera jadwal kembali,” ungkapnya.

Ia menilai, para kepala sekolah wajar mengeluh bila kekurangan tenaga pengajar, tentu akan menyengsarakan siswa. Persoalan ini bukan hanya terjadi di tigkat SMP namun juga SD. ”Tanjungpinang memang kekurangan guru, maka harus diberikan solusinya. Misalnya memperbantukan beberapa tenaga pengajar status honor,” paparnya. Bila perlu melakukan penerimaan dan sesuai dengan kebutuhan bidang pendidkan yang kurang.(DESI LIZA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here