Kelahiran Telkomsel Tidak Lepas dari Habibie

0
355
Karyawan Telkomsel memberikan menunjukkan berbagai produk.

BATAM – Meninggalnya Presiden RI ke-3 Prof BJ Habibie, mengingatkan manajemen Telkomsel atas lahirnya perusahaan mereka di Batam.

Disebutkan jika Telkomsel lahir tidak lepas dari sosok Habibie yang menjadi sosok penting dalam sejarah cikal bakal berdirinya Telkomsel di awal tahun 1990-an, yang menjadikannya sebagai salah satu Founding Fathers Telkomsel.

Hal itu diakui Direktur Utama Telkomsel, Emma Sri Martini. “Bapak Habibie merupakan sosok yang penting bagi kami. Beliau memiliki hubungan sejarah erat dalam proses beroperasinya teknologi selular Global System for Mobile Communications (GSM) di Indonesia serta beroperasinya layanan Telkomsel pertama kali di Pulau Batam,” katanya.

Diceritakan, 14 Juli 1993, sejumlah direksi PT Telkom menghadap beliau yang saat itu menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Republik Indonesia. Di atas sehelai kertas, Habibie menuliskan persetujuan dan penerapan GSM sebagai standar teknologi seluler Indonesia.

“Tulisan ini yang kemudian menjadi referensi dari sebuah langkah besar migrasi teknologi dan pengembangan industri seluler analog ke digital di Indonesia,” terangnya.

Baca Juga :  Menhub Optimis Batam Logistik Hub

14 bulan kemudian, tepatnya 2 September 1994, Habibie meresmikan pengoperasian Telkomsel GSM di Pulau Batam. Pada saat itu, Telkomsel merupakan nama produk dari PT Telkom. Sebagai Menristek, beliau melakukan percobaan teknologi GSM dengan melakukan hubungan telepon dari GSM Telkomsel perdana, dari Batam ke Jakarta dan London.

“Berangkat dari dua momen penting tersebut, Telkomsel GSM kemudian dipersiapkan dan dikembangkan menjadi sebuah operator seluler, hingga akhirnya pada 26 Mei 1995, lahirlah PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel),” jelasnya.

Sejak peristiwa bersejarah di Batam, sosok B.J. Habibie sejatinya merupakan pelanggan pertama Telkomsel. Namun sebagai bentuk penghormatan yang terdalam atas kontribusinya, Telkomsel kemudian memberikan penghargaan kepada Bapak Habibie sebagai pelanggan Telkomsel ke-100 juta pada perayaan pencapaian Telkomsel di tahun 2011.

“Habibie juga pernah menyampaikan sebuah pesan berharga bagi keluarga besar Telkomsel. Telkomsel adalah anak dan cucu ideologis-intelektual saya. Teruslah memberikan yang terbaik untuk bangsa”, pesan almarhum pada hari jadi Telkomsel yang ke-21 pada tanggal 26 Mei 2016,” kata Habibie, sebagaimana dibeberkan Emma.

Baca Juga :  PAD di Bawah Target

Persekutuan Doa BP untuk Habibie

Sebelum kelahiran Telkomsel, BP Batam yang sebelumnya Otorita Batam sudah merasakan kepemimpinan BJ Habibie, yang menjabat Ketua BP. Hingga kemudian, selain doa yang digelar pegawai beragama Muslim, doa bersama juga digelar pegawai BP beragama Kristen.

Sekitar 50 orang yang terdiri dari karyawan/ti Kristiani yang tergabung dalam Persekutuan Doa BP Batam melaksanakan ibadah dan doa bersama. Diawali dengan menyanyikan lagu Gugur Bunga secara bersama-sama dan dilanjutkan dengan pemutaran video riwayat hidup dan karya dari B.J. Habibie diiringi alunan lagu dukacita.

Ketua Persekutuan Doa BP Batam, Ferry Wise Manullang, mengungkapkan bahwa Persekutuan Doa BP Batam mengadakan kegiatan ibadah dalam rangka mendoakan dan mengenang jasa Pak B.J. Habibie yang telah berpulang ke pangkuan Tuhan.

Baca Juga :  Tim ATB Ungkap Sambungan Ilegal

Ferry menambahkan, sebagai anak bangsa juga ikut merasakan jasa beliau selama pengembangan di Batam, secara keseluruhan di Indonesia dan turut berduka atas berpulangnya beliau.

“Semoga kita akan mampu melanjutkan perjuangan beliau dan meneruskan apa yang beliau cita-citakan, khususnya di Batam ini, mewujudkan Batam menjadi daerah tujuan industry,” katanya.

Ketua Otorita Batam Periode 1978—1998, Prof. Dr. Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie, terakhir kali berkunjung ke BP Batam pada 30 April 2019 lalu dan bertatap muka dengan jajaran pegawai BP Batam. Almarhum menyampaikan pesan di hadapan para pegawai BP Batam titipkan Batam sebagai ujung tombak Indonesia. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here