Kelapa Merah Diburu Se-Asia Tenggara

0
2203
pedagang kelapa: Pedagang kelapa menunjukkan kelapa merah. f-yoan/tanjungpinang pos

Ragam kuliner yang menemani sepanjang bulan Ramadan di Kota Tanjungpinang makin memikat warga. Di antaranya adalah kehadiran kelapa muda merah yang terkenal dan masuk kategori langka menjadi buruan konsumen se-Asia Tenggara.

TANJUNGPINANG – Adalah Akiang (39), penjual kepala langka tersebut mengatakan kepada Tanjungpinang Pos, Senin (29/5) bahwa buah kelapa yang unik yang dipercayai mengandung sejuta manfaat tersebut berasal dari Bintan.

“Ini buah kelapa asli Bintan, setiap tahun saya jualan, pembelinya banyak dari Malaysia dan Singapura,” ujarnya kepada media.

Secara umum, buah kelapa tersebut tidak ada bedanya, namun ketika kulitnya dikupas maka akan menunjukkan rona merah yang menandakan kelapa tersebut yang menjadi incaran. Untuk harga, Akiang yang menggelar lapak di area jalan Bakar Batu ini hanya mematok Rp. 25 ribu per buah. “Ini murah lo, saya tidak jual banyak, 1 orang boleh beli 2 biji saja, biar yang lain kebagian,” kata Akiang.

Salah satu pembeli yang dijumpai wartawan, Martinah (57) mengaku sudah menjadi langganan tetap Akiang sejak 3 tahun silam dan mengaku beberapa penyakit yang dideritanya berangsur pulih,

“Saya reumatik, kalau bapak asam urat, sekarang sudah alhamdulillah, konsumsinya biasa saja, hanya saja kalau saya dicampur madu atau gule merah,” bebernya membocorkan resep racikan kelapa merah tersebut.

Tidak sekedar kulit, warna merah muda yang menjadi ciri khas buah kelapa tersebut juga menyebar ke bagian dalam hingga ke daging kelapa yang lunak dan legit tersebut. selain menjadi buruan karena fek penyembuhan, buah kepala khas Bintan ini juga menjadi sasaran wajib warga negara Singapura dikarenakan kandungan isi yang lebih manis dari buah kelapa muda pada umumnya. (YOAN S)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here