Kelurahan Batu IX Gelar Pemilihan Ketua RT-RW Serentak

0
966
PELAYANAN: Suasana pelayanan di Kantor Kelurahan Batu 9 Tanjungpinang berada di Jalan Adi Sucipto, Batu 9 Tanjungpinang.f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – di Kelurahan Batu IX akan melaksanakan pemilihan Ketua RT dan RW untuk masa bhakti periode 2017-2020 mendatang. Pemilihan akan dilaksanakan Oktober, secara demokrasi dengan proses pemilihan langsung.

Lurah Batu IX, Fery Andana menuturkan, pemilihan Ketua RT-RW untuk 66 posisi. Ada 52 Ketua RT dan 14 Ketua RW. Pemilihannya dilaksanakan bertahap, dimulai dari pemilihan Ketua RT pada 8-14 Oktober di kawasan masing-masing. Begitu juga dengan pemilihan Ketua RW yang dijadwalkan 15-21 Oktober mendatang.

Perangkat RT-RW sedang melakukan persiapan menyambut pemilihan nanti. Persiapan dilakukan, mulai dari membentuk panitia hingga melakukan penjaringan calon kandidat ketua RT-RW di wilayahnya.

Dalam proses pemilihan, panitia wajib memberikan informasi waktu pemillihan kepada pihak kelurahan. Sehingga dapat mengutuskan pengawas saat pemilihan dilaksanakan. Tujuannya agar proses pemilihan dapat berjalan dengan tertib.

Baca Juga :  Sampah Berserakan, Petugas Kewalahan

Setelah proses pemilihan, Ketua RT terpilih langsung membentuk pengurus bersama masyarakat yang difasilitasi pihak kelurahan. ”Nanti, ada ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara dan seksi-seksi,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (6/10).

Sedangkan, untuk pemilihan Ketua RW dilaksanakan tanggal 15-21 Oktober mendatang. Selanjutnya direncanakan Ketua RT dan RW terpilih, akan dikukuhkan pada November 2017 nanti.

”Sebenarnya pemilihan harusnya dilakukan bulan September lalu. Tapi karena banyaknya agenda, maka pemilihan baru bisa kita laksanakan pada bulan Oktober ini,” terang dia.

Ia katakan, Ketua RT dan RW ini merupakan garda terdepan serta harus bersinergi bersama pemerintah memajukan daerah ini. ”Jadi, kita harapkan, masyarakat memilih RT dan RW yang aktif di tengah masyarakat. Supaya informasi yang disampaikan oleh pemerintah melalui kelurahan bisa sampai ke masyarakat yang tujuannya saling membantu,” harap dia.

Baca Juga :  Tarif Tera Ulang Naik jadi Rp5 Ribu

Salah satunya seperti yang terlihat di wilayah RT3/RW11, Kelurahan Batu IX, Kecamatan Tanjungpinang Timur sedang melaksanakan persiapan.

”Kami sedang melakukan penjaringan kandidat Ketua RT/RW. Bagi warga yang ingin mencalonkan Ketua RT/RW silakan daftar ke kami selaku panitia pelaksana pemillihan,” kata Ketua panitia pelaksana musyawarah RT3/RW11, Munirul. Sistem pemilihan nanti, lanjut dia, tidak kalah dengan pemilihan kepala daerah maupun pemilihan pada umumnya.

Pihak panitia pemilihan akan menyediakan ruang bilik suara. Disitulah warga akan menyalurkan hak suaranya untuk memilih Ketua RT yang diinginkan nanti.

Baca Juga :  Jalan Pasar Ikan Sudah Disemen

Selain itu, panitia juga menyediakan undangan pemilihan bagi setisap kepala keluarga. Yang akan memilih Ketua RT nanti, diperkirakan sekitar 450 orang.

Itu berdasarkan jumlah KK di RT3/RW11. ”Bisa jadi yang pilih nanti setiap kepala keluarganya. Atau perwakilan yang disertai membawa undangan pemilihan yang sudah disebar oleh panitia pemilihan,” sebut dia.

Ia berharap melalui penyelenggaran pemilihan demikian, dapat membuat warga semangat mengikuti pemilihan Pilkada dan Pilres mendatang.(ANDRI DS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here