Kelurahan Batu IX Tertibkan TPS Ilegal

0
297
TEMPAT Pembuangan Sampah (TPS) liar di Kelurahan Batu IX ditertibkan, kemarin. Lurah Batu IX, Fery Andana bersama warga melakukan gotong royong massal. f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Pemerintah Kelurahan Batu IX kembali menertibkan sejumlah Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar atau ilegal. Penertiban TPS ilegal seperti di Jalan Handjoyo Putro di depan Perumahan Bagindo, dan depan tobong bata jalan Garuda ini, dipimpin langsung oleh Lurah Batu IX Fery Andana, Minggu (22/7) kemarin.

Kegiatan pemberantasan TPS ilegal ini diikitu staf Kelurahan Batu IX, Bhabinkantibmas, Babinsa, Forum RT/RW serta masyarakat setempat. Sampah yang dikumpul di TPS ilegal ini, langsung dibakar. Sebagian diangkut dengan lori. Penertiban TPS ilegal menggunakan alat berat.

”Kegiatan berantas (penertiban) TPS liar sudah yang kedua kalinya. Minggu lalu, kita sudah berantas TPS liar di tempat yang berbeda,” kata Fery Andana, Minggu (22/7).

Sampai saat ini, kata Fery Andana, ia bersama warga Kelurahan Batu IX sudah memberantas TPS liar di lima titik, yang berbeda. Dua titik TPS liar berada di Jalan Radar. Tiga titik lagi di Jalan Karya tepatnya di Lembah Asri, Jalan Handjoyo Putro tepatnya di depan Perumahan Bagindo, dan Jalan Garuda depan tobong bata.

”Alhamdulillah, warga kita pada kompak dan semangat untuk memberantas TPS liar itu. Karena, tumpukan sampah ini mengeluarkan bau tak sedap, dan mengakibatkan warga resah,” ucap Fery.

Setelah membersihkan sampai di TPS ilegal ini, pihaknya langsung memasang spanduk imbauan, yang bertuliskan ‘Apabila didapat buang sampah disini akan ditindak sesuai Perda yang berlaku’. Masyarakat diminta tidak mengulangi membuang sampah di sembarang tempat.

Apabila di tempat tinggal warga tidak ada tempat membuang sampah, ia sarankan warga untuk segera rembuk dengan RT maupun RW. Agar ada petugas yang ditugaskan untuk memungut sampah milik warga di lingkungan tempat tinggalnya. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here