Kelurahan Kampung Bulang Terbaik

0
556
Lurah Kampung Bulang Rony Saputra menerima penghargaan sebagai lurah terbaik tingkat provinsi Kepri. Penghargaan langsung diserahkan Wagub Provinsi Kepri di acara HUT Kepri ke 16 tahun, Senin (24/9). f-istimewa

Hari jadi Pemprov Kepri ke 16 tahun, Senin (24/9) merupakan kebanggaan Lurah Kampung Bulang, Rony Saputra.

TANJUNGPINANG – Pasalnya, ia menerima piagam penghargaan kelurahan terbaik pertama di tingkat Provinsi Kepri. Ia juga menerima uang pembinaan sebesar Rp15 juta.

Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Isdianto yang langsung menyerahkan piagam penghargaan tersebut di Gedung Daerah berada di Tepilaut Tanjungpinang, Senin (24/9).

”Jujur. Perasaan saya sangat senang sekali menerima penghargaan kelurahan terbaik pertama di tingkat Provinsi Kepri,” kata Rony Saputra kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (25/9).

Meskipun ia sudah terima penghargaan tersebut, Rony Saputra merasa tugas pokoknya sebagai Lurah Kampung Bulang akan semakin berat. Pasalnya, menjaga dan merawat serta mempertahankan status kelurahan terbaik di tingkat Provinsi Kepri tidak mudah.

Rony bersama pegawainya akan meningkatkan semua pelayanan dan inovasi baru di Kantor Kelurahan Kampung Bulang. Ia tetap memberikan pelayanan terbaik buat masyarakat yang sedang mengurus dokumen miliknya.

Dari awal, Rony selalu menerapkan tiga hal yang terpenting kepada pegawai Kelurahan Kampung Bulang. Yang pertama, ia minta kepada pegawainya untuk tidak menunda pekerjaan pada saat itu.

Apabila menunda pekerjaan, maka akan terima resikonya. Artinya, semakin ditunda, semakin bertambah banyak pekerjaan yang perlu diselesaikan oleh pegawai tersebut.

Kalau sudah seperti itu, ia yakin, pegawai tersebut akan semakin malas untuk bekerja.

Kedua, ia minta pegawai untuk berbuat baik antar sesama. Baik itu dengan teman kerja maupun pada masyarakat yang sedang mengurus dokumen miliknya di kantor kelurahan. ”Tiga. Kita selaku umat beragama, rezeki tidak pernah tertukar. Berikan pelayanan terbaik,” ucap dia.

Sambung dia, ia bisa meraih lurah terbaik karena Kantor Kelurahan Kampung Bulang memiliki banyak keunggulan. Semua bentuk pelayanan administrasi di Kantor Kelurahan Kampung Bulang telah diterapkan menggunakan sistem online.

Baik itu dari melihat Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) milik masyarakat.

Jadi, masyarakat bisa melihat hingga mengetahui langsung sudah diambil atau belum tagihan pajak PBB.

Dan masyarakat juga akan tahu kalau dirinya punya tunggakan atau tidak di PBB tersebut.

Kemudian, masyarakat juga bisa melakukan pengecekan sudah terregister atau belum surat tanah khusus untuk alasak dan Surat Keterangan Ganti Kerugian (SKGR).

”Karena kita punya website Kelurahan Kampung Bulang. Maka masyarakat bisa mengunjungi website kita untuk mendapatkan informasi pelayanan,” terangnya.

Selain itu, pihaknya sudah memiliki perpustakaan online Kelurahan Kampung Bulang. Ada juga sistem informasi kartu keluarga. Jadi, masyarakat tinggal mengecek Kartu Keluarga (KK) di rumah saja. Cukup pegang hp lalu ketik RESI spasi nomor resi lalu kirim ke 08117722622.

”Kita punya operator khusus. Pelayanan yang kita berikan pada jam kerja saja,” ucap dia.

Selain sistem online, Kelurahan Kampung Bulang punya produk unggulan, seperti sambal lengkong dan sotong. Produk unggulan ini dibuat ibu PKK Kelurahan Kampung Bulang. Kemudian, ada juga kerajinan tangan berbahan dari sisi ikan.

”Kita sudah melaksanakan serta mensukseskan program gerakan nasional pembelajaran aku anak jujur (gernas manjur) dan gerakan nasional orang tua mengajari anak membaca buku (gernas baku). Dua program pendidikan itu dari nasional. Tapi, sudah kita di kantor,” sebut dia. (ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here