Kelurahan Toapaya Asri Optimis Masuk Tiga Besar Nasional

0
1186
WAKIL Bupati Bintan H Dalmasri Syam bersama tim surveiland Dirjen BPOM pusat, saat memverifikasi Kelurahan Toapaya Asri, Kamis (8/2) kemarin.F-ISTIMEWA

BINTAN – Kelurahan Toapaya Asri, Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan masuk nominasi enam besar penerima penghargaan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, atas dedikasinya memperhatikan keamanan pangan masyarakat setempat. Selanjutnya, Kelurahan Toapaya Asri optimis masuk tiga besar nasional.

Untuk mengejar tiga besar nasional itu, Direktorat Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan BPOM RI, Nyoman Merta bersama tim dari Jakarta meninjau kembali dokumen yang diajukan BPOM Batam dan Pemkab Bintan kepada BPOM RI, Kamis (8/2) kemarin.

”Kita kemari, hanya ingin mencocokkan lagi data yang disampaikan BPOM Batam dan Pemkab Bintan kepada kami. Kami akan memverifikasinya, sebelum menetapkan kelurahan ini layak menjadi daerah pangan aman,” ungkap Nyoman Merta, saat ekspos di Aula Kelurahan Toapaya Asri, Kamis (8/2) pagi.

Baca Juga :  Cuma 500 Alat Rapid Test yang Dikirim ke Tambelan

Ia menyampaikan, lima kunci keamanan pangan yang patut diperhatikan yaitu menjaga kebersihan, pisahkan makanan mentah dan makanan yang sudah masak, memasak dengan benar, menjaga pangan pada suhu aman dengan tidak membiarkan pangan matang, dan gunakan air bersih dan bahan baku aman.

Hal ini menurutnya sangat penting dalam menjaga generasi muda bangsa dari bahaya pangan seperti penggunaan formalin, boraks dan pewarna kimia. Ia bersama tim akan melakukan verifikasi di Kelurahan Toapaya Asri yang dianggap peduli terhadap keamanan pangan.

Untuk diwilayah Sumatera sendiri, Kelurahan Toapaya Asri mewakili Provinsi Kepri bersama dengan salah satu daerah di Bengkulu, yang masuk dalam nominasi penerima penghargaan dari BPOM RI bersama empat daerah lainnya.

Baca Juga :  Pegawai yang Antar Anak, Dapat Izin

Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam pada kesempatan tersebut mengatakan, ini merupakan satu prestasi yang sangat membanggakan bagi Kabupaten Bintan. Wabup berharap agar program Desa Pangan Aman dapat terus dilanjutkan. Sehingga program ini tidak saja dapat terwujud bagi lingkungan Kelurahan Toapaya Asri, namun juga di kelurahan/desa yang ada di Kabupaten Bintan.

”Ini semua berkat kerja keras semua sektor, mari kita bersama-sama berdoa semoga nantinya Kabupaten Bintan bisa masuk tiga besar nasional, dan menerima anugerah tersebut,” ujarnya.

Lurah Toapaya Asri Arief Sumarsono mengatakan, pihaknya berusaha memberikan yang terbaik terhadap masyarakat, melalui program-program penyuluhan dan juga kegiatan-kegiatan yang mengedepankan pangan aman di masyarakat.

Baca Juga :  Disdik Bintan Launching Pusat Informasi dan Siap Online

”Kita memiliki Satgas Pangan, Forum Kabupaten Sehat, Karang Taruna dan unsur terkait lainnya di tingkat kelurahan, yang siap membantu masyarakat dalam memberikan pengetahuan terhadap pangan aman dan sehat ini,” kata Arief.

Keberhasilan Toapaya Asri masuk dalam nominasi daerah pangan aman menjadi kebanggaan tersendiri bagi Camat Toapaya Riang Anggraini. Menurutnya, pencapaian ini tidak terlepas dari kepedulian masyarakat dan kader pangan aman serta KKS, dalam menjaga keamanan pangan dalam kehidupan bermasyarakat.

Ia berharap, prestasi Kelurahan Toapaya Asri sebagai nominator ini meningkatkan kepedulian pangan. (fre/aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here