Kemampuan Mahasiswi Baru STAI MU Bikin Kaget Juri

0
341
Noor Aisyah saat menerima tropi dari dewan juri lomba Karya Tulis Ilmiah (LKT) mahasiswa, Senin (5/11/2018).

Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Perguruan Tinggi

TANJUNGPINANG – Auditorium Kampus UMRAH, Tanjungpinang dipadati mahasiswa dari berbagai kampus di Kepri Senin (5/11/2018). Mayoritas mahasiswa yang datang mengenakan almamater kampusnya masing-masing. Senin pagi itu merupakan puncak Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang digelar Kampus UMRAH. Ada 28 makalah mahasiswa dari berbagai kampus yang lulus verifikasi panitia. Masing-masing mesti memperlombakan karya tulisnya untuk dinilai.

Umumnya, peserta merupakan semester 5 hingga semester 7. Berbeda dengan Noor Aisyah, mahasiswi STAI MU yang ternyata masih mahasiswa baru yang baru beberapa bulan bergabung di Perguruan Tinggi yang beralamat di Batu 11 Tanjungpinang.
Meski masih semester satu, namun dewan juri terkejut mendengar penyampaian materi Aisyah yang cukup profesional. Mahasiswi jurusan Tadris Bahasa Inggris (TBI) dengan Dosen Pembimbing Uray Ferry Haryanto ini, akhirnya meraih Juara III di lomba LKTI bertema “Kemaritiman” ini.

Juara satunya diraih oleh Nadia Valentina Zain dari UMRAH dan Juara II diraih Melani Sekar Novianti yang juga dari UMRAH. Sedang untuk juara IV diperoleh mahassiwa Poltek Batam Rizki Irianto serta Ribka Theresia dari Unrika mendapat peringkat ke-V. Mahasiswi baru STAI ini mendapat juara tiga setelah berhasil mempresentasikan makalahnya yang berjudul Analisis Dampak Sertifikasi Profesi Terhadap Kinerja Guru di SMPN 9 Pulau Penyengat”.

Pada saat presentasi, dewan juri sempat terkejut saat Aisyah memperkenalkan dirinya bahwa dirinya semester 1 atau semester baru. “Luar biasa, punya kemampuan yang baik meski baru bergabung di STAI MU,” komentar seorang juri.

Sementara, Aisyah mengaku cukup puas dengan apa yang ia dapat. “Ini adalah kabar gembira untuk kedua orang tua saya dan juga mewakili STAI MU. Mohon maaf kalau saya belum bisa memberikan yang lebih terbaik. Tapi, saya bersyukur bisa menjadi salah satu yang terbaik. Terimakasih kepada Kampus STAI MU dan dosen pembimbing saya Uray Ferry Haryanto,” komentar Aisyah.

LKTI Mahasiswa se-Provinsi Kepri ini diselenggarakan oleh UMRAH melalui Biro Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAKK). Ada 31 orang pendaftar dari berbagai Perguruan Tinggi di Kepulauan Riau.

Rektor UMRAH Prof. Syafsir Akhlus turut menyemangati para peserta LKTI UMRAH.
“Pemuda harus terus menerus berkompetisi, karena kompetisi merupakan salah satu pemicu agar adrenalin saudara-saudara para pemuda dapat tersalurkan dengan baik. Janganlah menjadi pemuda yang punggungnya dekat dengan kasur dengan menghabiskan waktu tanpa ada hasil apapun,” kata Prof Syafsir Akhlus dalam sambutannya. Menurut Rektor, mahasiswa harus benar-benar dinikmati kompetisi karena yang terpenting bagi mahasiswa adalah bagaimana menikmati sebuah proses.

“Insyaallah hasil tidak akan mengingkari proses yang saudara kerjakan. Selamat berlomba, selamat berkompetisi. Nikmatilah ajang lomba ini dengan sebaik-baiknya,” ungkap Akhlus.
Kabag Kemahasiswaan UMRAH Sarkisdin, S.Pd. menyebutkan, ajang lomba karya tulis ilmiah itu dinilai oleh 3 orang dewan juri. “Sebelumnya penilaian berkas karya tulis telah dilaksanakan dan peserta mesti presentasi langsung di hadapan dewan juri untuk mendapat penilaian.

“Ada 3 orang dewan juri yang menilai. Masing-masing Prof. Dr. rer nat. H. Rayandra Asyhar, M.Si., Ir. Yusrizal, Ph.D. dan Dr. Agung Dhamar Syakti, DEA. (jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here