Kemarau, PDAM Terapkan Sistem Buka Tutup

0
356
Hendro

Sudah hampir sebulan lamanya musim kemarau melanda Natuna, hal ini menyebabkan debit air yang disalurkan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Natuna ke masyarakat terpaksa dikurangi dengan cara sistem buka tutup.

NATUNA – Penerapan sistem buka tutup ini, diperkirakan akan berlangsung selama musim kemarau berlalu dan berganti menjadi musim penghujan. ”Sejak awal bulan Mei ini kita terapkan sistem buka tutup penyaluran air ke para pelanggan PDAM. Sistem tersebut akan berlangsung sampai kondisi debit air normal kembali dan berlalunya musim kemarau,” kata Dirut PDAM Tirta Nusa Natuna Hendro, diruang kerjanya, Jumat (18/5).

Dikatakannya, sekarang ini debit air yang ada pada sumber air yang dikelola PDAM masih terbilang dalam kondisi normal, dan tidak melimpah seperti biasanya. ”Kalau untuk debit air yang ada masih cukup aman, dan mencukupi tapi tidak melimpah seperti biasanya. Makanya guna mengantisipasi musim kemarau ini kita harus membatasi penyalurannya,”jelasnya.

Ia menjelaskan, untuk sumber yang telah dimanfaatkan oleh PDAM diwilayah pulau Bunguran Kabupaten Natuna, masih terbilang sedikit dan tidak terlalu banyak. Dengan begitu, pihaknya akan terus berusaha agar pengelolaan sumber air yang ada di Pulau bunguran ini dan didaerah lain bisa di kelola sepenuhnya. Karena dengan dikelolanya seluruh sumber air di Natuna, bisa menjadi menambah Pendapatan Asli Daerah.

”Sekarang untuk sumber air yang dikelola oleh kita, baru ada dua saja yaitu di Bukit Berangin dan Gunung Air Makan Ranai Darat. Kita berkeinginan agar seluruh sumber air yang ada bisa dikelola seluruhnya,” paparnya.

Pihaknya berharap, musim kemarau ini bisa segera berlalu dan berganti musim penghujan. Sehingga debit air yang ada bisa kembali bertambah dan penyaluran pun normal lagi. ”Ya mudah-mudahan, musim ini bisa berlalu dan berganti. Debit air pun bisa bertambah,” tutupnya.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here