Kemasan Obat Tak Ada Bahasa Indonesianya

0
356
Yosef Dwi Irwan Prakasa

MBS. Pak, banyak obat dan kosmetik yang dijual bebas di pasar dan tanpa ada bahasa Indonesianya. Apa ini diperbolehkan. Sebagian menyebut obatnya mujarap. Mohon petunjuk apakah obat itu memang layak untuyk diminum?
085356241091

TANGGAPAN:
Seluruh wilayah Kepri akan menjadi sasaran program ini. Kami tidak hanya menyentuh pedagang nakal yang ada di kios-kios, namun juga memburu distributor yang menyediakan barang kepada pedagang. Kita juga fokus mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap produk-produk yang tidak sesuai ketentuan.

Obat keras harus dengan resep dokter. Jika aturan itu, harus ada tenaga pengawas menjualnya. Hasil dari pemeriksaan yang dilakukan di Batam, Bintan, Karimun, dan Anambas, didapat sebanyak 161 produk dengan jumlah 2.771 pieces.

Baca Juga :  Info Lowongan CPNS Harus Di-update Terus

Jika dihitung nilai ekonomisnya, produk-produk ini ditaksir mencapai angka sekitar Rp 72 juta, tepatnya Rp 72.842.200.

Masyarakat juga mesti memiliki kesadaran untuk tidak lagi menggunakan barang kosmetik dan obat yang tidak sesuai ketentuan. Untuk makanan, obat dan kosmetik, Batam termaksud rawan bersama Tanjungpinang dan Karimun.

Tiga daerah ini mendominasi dengan 10 kasus yang ditangani dan diproses oleh BPOM Kepri selama 2018 ini. Kalau Anambas, Natuna, Bintan, dan Lingga, sedikit saja

Posisi Batam, Tanjungpinang, dan Karimun yang berbatasan langsung dengan negara tetangga menjadi sebab utama kerawanan yang terjadi. Kedekatan ini dimanfaatkan oleh pihak tertentu untuk memasukan barang tanpa melalui prosedur yang seharusnya.

Baca Juga :  Masjid Raya Bagai Tak Terawat

Daerah lain tetap kita awasi sesuai standar, tapi tiga daerah ini kita ambil langkah-langkah yang lebih intensif dengan pengawasan terpadu

BPOM sudah memberikan arahan kepada penyedia jasa titipan, dimana mereka diharapkan mengetahui secara pasti produk apa yang dititipkan kepada mereka. Dengan ikut terlibat mengawasi keluar masuknya barang ini, diyakini sistem pengawasan yang ada akan mengurangi sebaran produk-produk tidak sesuai standar.

Jasa penitipan yang terkait langsung dengan aktivitas jual beli online, memang menjadi jembatan utama beredarnya beragam jenis barang ke daerah-daerah.

Baca Juga :  Sampah Berserakan di Luar Kontainer

BPOM sendiri sebelumnya memusnahkan obat dan makanan yang tidak memiliki izin dan sudah di anggap kadaluarsa di Kantor BPPOM Nongsa. Produk yang dimusnahkan, 418.316 pieces dengan nilai ekonomi sebesar Rp. 4.745.031.200.(mbb)

Yosef Dwi Irwan Prakasa
Kepala BPOM Kepri,

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here