Kembalikan Ruh DPD Sebagai Wakil Daerah

0
472
Endri Sanopaka

Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) dengan Nomor 30/PUU-XVI/2018 soal pengurus Partai Politik (Parpol) tidak boleh maju menjadi bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menjadi topik hangat di Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019.

TANJUNGPINANG – Para elite politik di pusat maupun daerah, ada yang menolak ada juga yang menerima keputusan MK tersebut. Menurut pengamat politik dari Stisipol Raja Haji Tanjungpinang, Endri Sanopaka yang perlu diketahui bersama, bahwa DPD merupakan perwakilan daerah. Bukan DPD mewakili Partai Politik (Parpol). Yang mewakili partai di daerah adalah DPR RI. Jadi, ada alurnya masing-masing.

Baca Juga :  Targetkan Dapat 70 Persen Suara

Seperti tahun 2009 lalu, kata Endri, semua calon anggota DPD dari orang independen alias bukan dari pengurus Parpol. Tapi, yang maju dari partai ke DPD RI di pemilu 2019 lalu, banjir calon, bukan hanya di Kepri tapi di daerah lainnya, juga mengalami hal sama dengan Kepri.

Mereka maju melalui jalur DPD disertai dukungan dari masyarakat di daerah di Provinsi Kepri. Jalur independen mulai berubah dan dirasakan di tahun 2014 lalu. Karena ada sebagian calon anggota DPD berasal dari pengurus Parpol. Kejadian ini terus berlangsung sampai Pemilu tahun 2019 nanti. Yang sudah diketahui publik, bakal calon anggota DPD RI perwakilan Provinsi Kepri menjadi pengurus parpol, mulai dari Alfin, M Syahrial dan Dharma Setiawan. Alfin menjabat Ketua DPD PKS Kota Tanjungpinang. Dharma Setiawan, Ketua DPD PAN Kota Tanjungpinang. M Syahrial sebagai pengurus DPC PDIP Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :  Jokowi-Ma’aruf Unggul di Tanjungpinang

”Kita minta kembalikan ruh DPD sebagai perwakilan daerah. Bukan DPD perwakilan Parpol,” tegas Endri.

Cuman, saran dia, perlu diperjelas surat pengunduran diri dari pengurus Parpol, seperti apa. Agar tidak timbul permasalahan dikemudian hari. Apakah surat pengunduran yang diminta sejak dari lima tahun lalu, atau seperti apa. Kalau sempat minta surat pengunduran diri dari pengurus Parpol dari lima tahun yang silam, maka bakal banyak berguguran balon anggota DPD RI perwakilan Provinsi Kepri. (ANDRI DS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here