Kemenag Tanjungpinang Belum Terapkan Kartu Nikah

0
75
Peserta nikah massal di aula kantor Gubernur Dompak, Tanjungpinang pada tahun lalu. f-SUHARDI/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Kementerian Agama (Kemenag) RI sudah menerapkan kartu nikah di beberapa daerah pada 2018 lalu.

Namun, kartu nikah untuk pasangan pengantin belum bisa diterapkan di Kota Tanjungpinang. Pasangan pengantin dimasih diberikan buku nikah. Alasannya, Kemenag Kota Tanjungpinang belum memiliki alat untuk cetak kartu nikah.

Untuk menerapkan kartu nikah, Kemenag Kota Tanjungpinang butuh anggaran sebesar Rp100 juta. Anggaran tersebut akan diperuntuhkan untuk beli alat, mulai dari lima unit komputer dan lima unit printer. Sehingga kartu nikah bisa dicetak di Tanjungpinang.

”Anggaranya, kita sedang mengajukan ke pemerintah pusat melalui Kemenag RI,” kata H Erman Zaruddin, Kepala Kemenag Kota Tanjungpinang kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (10/2).

Rencananya, alat yang akan dibeli nanti akan diperuntuhkan untuk empat Kantor Urusan Agama (KUA) di Kota Tanjungpinang, dan ditambah di Kantor Kemenag Kota Tanjungpinang berada di Senggarang.

Kata Erman, dirinya akan berterima kasih apabila Pemko Tanjungpinang mau membantu hingga membelikan alat untuk kebutuhan kartu nikah tersebut. Sehingga kartu nikah bisa diterapkan di Kota Tanjungpinang dalam waktu dekat ini.

Kartu nikah, menurutnya, salah satu pelayanan terhadap masyarakat khususnya sepasang pengantin baru. Oleh karena itu, ia berharap, pemerintah serta Kemenag RI untuk mengabulkan permintaan yang sudah diajukan oleh Kemenag Kota Tanjungpinang.

”Kita ingin kartu nikah diterapkan di Kota Tanjungpinang. Batam satu-satunya daerah di Provinsi Kepri sudah menerapkan kartu nikah kepada sepasang pengantin baru,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here