Kemendagri Ajak Masyarakat Sukseskan Pemilu 2019

0
160
Suasana sosialisasi mensukseskan Pemilu 2019 oleh Kemendagri RI melibatkan Bakesbangpolinmas Provinsi Kepri, KPU, Bawaslu serta Ormas yang ada di Kepri. F-Andri DS/Tanjungpinang Pos

TANJUNGPINANG – Pihak Direktorat Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, mengajak masyarakat untuk menyukseskan pesta demokrasi yang akan digelar April mendatang.

Untuk itu, Direktorat Ormas menggelar forum kemitraan dengan Ormas untuk memberikan pendidikan politik dalam negeri dengan tema ‘Penguatan Kemitraan dan Partisipasi Ormas Dalam Mendukung Suksesnya Pelaksanaan Pemilu 2019’ yang berlangsung di Hotel Aston Tanjungpinang, Kamis (21/3).

Kegiatan itu bekerjasama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bangpolinmas) Provinsi Kepri, dan melibatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepri serta ormas di Provinsi Kepri.

Direktur Ormas Kemendagri RI, Lutfi mengatakan, Kemendagri masuk ke semua kabupaten/kota di provinsi seluruh Indonesia meminta bantuan kepada Ormas untuk mensosalisasikan serta mengimbau kepada masyarakat khususnya di wilayah Provinsi Kepri bahwa pada 17 April 2019 ada Pemilihan Umum (Pemilu).

Lutfi menjelaskan, Pemilu kali ini berbeda dengan Pemilu sebelumnya karena ada dua agenda sekaligus yang berlangsung pada Pemilu 2019, yakni Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg).

“Kalau kita dibidang Ormas, baru pertama kali mengadakan sosialisasi ini di Provinsi Kepri. Tetapi, di Kemendagri pada bidang lainnya sudah sering kali melakukan sosalisasi ke daerah-daerah,” jelas Lutfi kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (21/3).

Ia menambahkan, KPU sebagai diberikan target partisipasi masyarakat pada Pemilu harus mencapai 77,5 persen, dan ntuk mencapai target tersebut bukan hal yang mudah. 

Jadi, perlu ada peran dari pemerintah yang memiliki kewajiban untuk membantu mensosalisasikan tentang penyelenggara Pemilu. Oleh karena itu, pemerintah melalui Ormas untuk membantu mensosalisasikan serta mengimbau kepada masyarakat tentang Pemilu 2019 ini.

Agar bisa mencapai target itu, mesti ada penguatan peran masyarakat untuk menyukseskan pesta demokrasi tahun ini.

Memang, lanjut dia, orang banyak mengenal dan menyebutkan bahwa Pemilu dulu tahun politik. Tapi, sekarang adalah pesta demokrasi.

“Kalau pesta demokrasi, kita harus bersukaria dan bergembira. Namanya pesta pasti datanglah. Mereka harus menagajak masyarakat. Ayo, datang ke TPS. Ajakan yang disampaikan Ormas kepada masyarakat harus santun. Agar masyarakat mau datang beramai-ramai ke TPS untuk memberikan hak suaranya,” sebut dia.

Dalam kesempatan ini, Kepala Bangpolinmas Provinsi Kepri, Lamidi menyebutkan, ada sekitar 30an Ormas di Provinsi Kepri yang dilibatkan dalam kegiatan ini. Tujuannya, agar seluruh Ormas lebih memahami tentang pelaksanaan Pemilu 2019. 

Sehingga diharapkan, seluruh Ormas dapat mensosalisasikan kepada anggotanya dan disebarluaskan ke masyarakat. Supaya seluruh masyarakat, bisa meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019.

“Pemilu ini milik masyarakat,” ucap dia.

Mantan Sekda Kabupaten Bintan ini, mengharapkan, pelaksanaan pemilihan pada Pemilu serentak berjalan dengan aman, tertib, damai dan terkendali. Tanpa adanya tekanan, ujaran kebencian, hoax hingga fitnah. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here