Kemendagri Restui Tiga Kecamatan Baru

0
206
Bupati Lingga, H Alias Wello saat menunjau berbagai sarana pemerintah di Kecamatan Senayang. Untuk mempercepat peningjatan kesejahteraan masyarakat di daerah ini, Pemkab Lingga memekarkan menjadi empat kecamatan. F-ISTIMEWA

Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri) merestui rencana pemekaran di Kecamatan Senayang, dan akan menjadi tiga kecamatan baru nantinya.

LINGGA – Hal ini tertuang dalam surat keputusan No 138.2/220/BAK yang ditujukan kepada Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, untuk segera memproses lebih lanjut Pemekaran tiga kecamatan di Senyang. Kecamatan Katang Bidare, Bakung Serumpun dan Temiang Pesisir adalah tiga kecamatan baru hasil pemekaran yang dimaksud.

”Alhamdulillah usulan pemekaran kecamatan di Senayang direstui Kemendgari. Hal ini tertuang dalam balasan surat yang dikirimkan Pemprov Kepri, berdasarkan usulan Pemkab Lingga,” kata , Sabirin, Plt Kabag Humas dan Kominfo Kabupaten Lingga, Minggu (22/4).

Ia menjelaskan, setelah mendapatkan surat persetujuan ini selanjutnya Pemkab Lingga akan memenuhi berbagai sarana dan prasarana pendukung pemerintahan kecamatan tersebut. ”Tentunya kami menunggu instruksi dari Gubernur Kepri terlebih dahulu, untuk kelengkapan administrasinya sebelum pemerintahan kecamatan diresmikan,” kata Sabirin.

Menurutnya, proses pemekaran kecamatan bukanlah hal yang mudah dilakukan. Sebab, Pemerintah Pusat melalui Peraturan Pemerintah (PP) nomor 19 tahun 2008 Tentang Pemekaran Kecamatan sudah tidak berlaku lagi.

Sabirin mengungkapkan, letak Kecamatan Senayang berada dikepulauan dan menjadi cela dilakukannya pemekaran sesuai yang diatur di pasal 8 yang mengatur tentang pemekaran kecamatan di Kepulauan Riau.

Sedangkan, pada pasal 9 yang mengatur pembentukan kecamatan untuk kepentingan nasional. ”Berdasarkan isi surat persetujuan pemekaran tiga kecamatan di Senayang secara teknis, administratif dan fisik kewilayaan Pemekaran Kecamatan Senayang persyaratannya dapat dikecualikan dari pembentukan kecamatan reguler,” ungkapnya.

Sesuai tujuannya, dengan persetujuan pembentujan tiga kecamatan baru di Senayang diharapka mempercepat kesejahtraan masyarakat di sana. ”Dengan dekatnya rentang kendali pemerintahan di Senayang akan memudahkan masyarakat,” katanya.(TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here