Kemenhub akan Survei Tempat ATCS

0
898
Suasana arus lalulintas di persimpangan traffic light Gerbang Bintancentre (Bincen) Tanjungpinang.F-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Tak lama lagi, tim dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan berkunjung ke Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tanjungpinang.

Kedatangan tim tersebut ingin melakukan survei lokasi yang akan di pasang alat Area Traffic Control System (ATCS) atau sistem pengendalian area lalu lintas.

Ada sembilan simpang menjadi titik pemasangan ATCS yang pernah diajukan Dishub Kota Tanjungpinang ke Kemenhub.

Mulai dari Simpang lampu merah Batu 10, Bincen, SPBU Sei carang, Kota Piring, Batu Enam, Pamedan, Dokabu, Bappeda, dan Wiratno.

Baca Juga :  Untar Desain Perwajahan Kota Lama

Kabar yang diterima Kepala Dishub Kota Tanjungpinang, Bambang Hartanto, hanya dapat bantuan satu alat ATCS dari Kemenhub.

Anggaran yang disediakan di APBN pemasangan ATCS di Tanjungpinang senilai Rp 3,5 miliar. ”Saya minta diprioritaskan dulu pemasangan ATCS di Simpang Pamedan yang merupakan jalan Nasional, dan ramai kendaraan melintasi di jalan itu,” katanya kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (17/1).

Menurut Bambang, bantuan satu titik diawal tidak masalah, kedepan akan diusahakan kembali. Alat ATCS yang akan dipasang nanti lengkap. Mulai dari kamera kontrol, layar monitor.

Baca Juga :  Jalan Gelap dan Rawan Maling

Mikrofon untuk menyampaikan informasi dari ruang pengawasan kepada pengendara saat berada di traffic light, dan beberapa pendukung lainnya. ”Saya tak begitu ingat nama-nama alat-alat bantuandiberikan. Namun pagu anggarannya sekitar Rp 3,5 miliar untuk alat ATCS yang dipasang lengkap,” tegasnya.

Keunggulan alat ATCS ini, kata dia, apabila pihaknya melihat pengendara sepeda motor tidak mengenakan helm, petugas bisa langsung tegur dari ruang pengawasan. Kemudian, apabila ada pengendara yang melanggar traffic light juga bisa kelihatan dan langsung ditegur.

Baca Juga :  Registrasi SIM Prabayar Diperbincangkan

Selain itu, alat ATCS juga akan merekam kejadian lalu lintas di daerah tersebut. Sehingga akan memudahkan petugas kepolisian dalam menangani berbagai kasusu kejahatan. ”Semua aktivitas di kawasan lalu lintas akan kelihatan, ini sangat membantu,” paparnya. Melalui ATCS ini, akan membuat warga Tanjungpinang tertib berlalu lintas. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here