Kemenhub Kembangkan Pelabuhan Penagi 2018

0
969
BERSANDAR: Sudah banyak kapal yang bersandar di Pelabuhan Penagi untuk bongkar muat barang. F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

Jadi Sentra Ekonomi Kedua Natuna

NATUNA – PIHAK Kementerian Perhuhubungan ( Kemenhub) akan mengembangkan Pelabuhan Penagi di Natuna pada tahun depan.
Sesuai perencanaan, Pelabuhan Penagi disipkan untuk sentra perekonomian berskala menengah. Kepala Dishub Pemkab Natuna Iskandar DJ menegaskan, proses perpanjangan pelabuhan akan dilakukan pada 2018 dan mampu menampung kapal di bawah 1.500 Gross Tonnage (GT). ”Pelabuhan Penagi merupakan sentra perekonomian kedua setelah Pelabuhan Selat Lampa. Tahun 2018 nanti, pelabuhan ini akan diperpanjang hingga pelantar kampung tua Penagi,” kata Iskandar Dj, kemarin.

Baca Juga :  Bulan Depan, BPS akan Gelar SP Online

Peningkatan pelabuhan tersebut dianggap sangat diperlukan, mengingat Natuna sebagai daerah maritim yang minim akan pelabuhan berkapasitas basar. Di samping itu, aktivitas bongkar muat barang di pelabuhan tersebut sudah cukup ramai. Ia menegaskan, Pelabuhan Penagi sudah masuk usulan di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) beserta tiga pelabuhan lainnya. Empat pelabuhan yang diusulkan untuk dikembangkan, adalah Pelabuhan Selat Lampa, pelabuhan Penagi (Tanjung Payung), Pelabuhan Kelarik, dan Pelabuhan Teluk Buton.

Namun, untuk tahap awal, pihak Kemenhub akan melaksanakan kegiatan tersebut di dua tempat yakni Selat Lampa dan Penagi. ”Tahun 2018 nanti, Kemenhub hanya konsen pada Pelabuhan Penagi dan Selat Lampa untuk dikembangkan. Sedangkan dua pelabuhan lainnya, masih dalam proses usulan,” terangnya.

Baca Juga :  Spesifikasi Pondasi Beton Proyek Museum Diragukan

Menurutnya, pengembangan kedua pelabuhan meliputi sarana pelabuhan seperti gudang, terminal penumpang dan fasilitas lainnya. ”Bukan hanya membangun sarana, tetapi kami juga mengusulkan pembangunan jalan aspal dari Pelabuhan Selat Lampa tembus Kampung Teluk Depih,” ungkapnya.(HARDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here