Kemenhub Tak Urus Tiga Pelabuhan

0
333
DERMAGA Pelabuhan Tanjungmoco sudah selesai dibangun dan kini dipakai warga sebagai tempat memancing. f-abas/tanjungpinang pos

Anggaran Rp98 Miliar, Tapi Tak Dibangun

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI telah menganggarkan Rp98 miliar tahun 2018 di APBN untuk melanjutkan pembangunan tiga pelabuhan di Provinsi Kepri yang sempat molor beberapa tahun. Namun sampai Mei ini tak dibangun.

TANJUNGPINANG – KEPALA Dinas Perhubungan Pemprov Kepri, Brigjend Jamhur Ismail mengatakan, Kemenhub menganggarkan Rp42 miliar untuk lanjutan pembangunan Pelabuhan Tanjungmoco Dompak.

Kemudian dianggarkan juga Rp50 miliar untuk lanjutan pembangunan Pelabuhan Malarco Karimun, Rp6 miliar untuk pembangunan Pelabuhan Dompak. ”Anggarannya sudah ada. Tapi masih diberi tanda bintang. Kita berharap tahun ini Kemenhub melanjutkan pembangunannya,” ujar Jamhur via ponselnya, Kamis (24/5).

Untuk menyelesaikan pembangunan Pelabuhan Dompak, masih bisa dilakukan tahun ini karena pengerjaannya diperkirakan rampung empat bulan. Sedangkan pelabuhan lainnya jika tidak jadi dibangun tahun ini karena waktunya sangat singkat, maka tahun 2019 nanti sudah harus dibangun.

Memang, ada beberapa persoalan hingga pelabuhan itu belum dibangun. Untuk Pelabuhan Dompak, adalah masalah hibah lahan dari Pemprov Kepri ke Kemenhub sekitar 1.100 meter.

”Tapi bisa dibangun karena tidak mengangganggu. Lahan itu tinggal parkirnya saja yang belum. Kalau lahan gedung itu sudah beres,” jelasnya lagi.

Sedangkan Pelabuhan Malarko Karimun sebenarnya tidak ada masalah. Tinggal niat baik Kemenhub aja melanjutkannya. Beda dengan Pelabuhan Tanjungmoco Dompak karena masalah jalannya yang belum dibangun. Namun, Dinas Pekerjaan Umum Pemprov Kepri sudah diundang Kemenhub ke Jakarta untuk membahasnya.

Soal Pelabuhan Berakit di Bintan yang sampai saat ini belum dioperasikan meski sudah rampung, persoalannya adalah alur kapal yang dangkal. ”Kalau soal itu tanya langsung ke KSOP Bintan lah. Karena belum dihibahkan, jadi mereka yang tahu itu,” singkatnya.

Jamhur mengatakan, saat Musrenbang Nasional beberapa waktu lalu, sempat dibahas mengenai pelabuhan-pelabuhan ini. ”Jadi anggarannya ada. Tapi belum mereka bangun sampai saat ini,” ungkapnya lagi.

”Soal hibah lahan Pelabuhan Dompak, sedang proses administrasi. Saya kira tak masalah lagi lah itu,” bebernya.(MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here