Kemenkes Kucurkan Bantuan Jampersal

0
594
PERIKSA KESEHATAN: Masyarakat saat antre untuk periksa kesehatan di RS UD Natuna, Jumat (11/8). F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

NATUNA – KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) RI kucurkan bantuan non fisik berupa Jaminan Persalinan (Jampersal), bagi ibu-ibu yang sedang dalam proses persalinan. Bantuan tersebut dikucurkan, melalui anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK). ”Pihak Kemenkes mengeluarkan DAK non fisik untuk Jampersal, dan bantuan itu untuk tranportasi dan makan minum untuk ibu yang bersalin,” ujar Abdul Gani, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Natuna, Jumat (11/8).

Ia menjelaskan, ada pun petunjuk teknis merupakan pedoman penggunaan DAK non fisik Bidang Kesehatan Tahun 2017. Isi dari pada pedoman itu, yakni kegiatan pemanfaatan DAK Nonfisik Bidang Kesehatan yang meliputi Bantuan Operasional Kesehatan (BOK), Jaminan Persalinan (Jampersal), Akreditasi Puskesmas dan Akreditasi Rumah Sakit. ”Jadi penggunaan DAK non fisik telah diatur dengan PP Nomor 71 tahun 2016,” jelas Abdul Gani.

Ia menyarankan, untuk proses teknisnya langsung ke bagian Kepala Seksi (Kasi) Gizi. Kasi Gizi Dinkes Natuna Netty menjelaskan, bantuan DAK non fisik Jampersal hanya berupa transportasi. ”Tepatnya, bantuan yang diberikan diantaranya tranportasi, uang makan selama dirumah sambil menunggu kelahiran dan semuanya itu akan diklaim pihak Puskesmas. Sedangkan, untuk biaya persalinan tidak ditanggung pak,” jelas Netty.

Lanjut Netty, tahun ini dana yang tersedia di Jampersal baru sebatas jaminan tahap menuju persalinan dan sesudah persalinan. ”Ke depannya, kita usulkan supaya biaya persalinan bisa di klaim. Dan semuanya harus sesuai dengan mekanisme yang ada, dan jangan sampai terjadi dua kali pembayaran,” tutupnya.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here