Kemenkominfo Bantu Akses Internet Sekolah

0
391
SEKOLAH: Siswi SMPN saat duduk bersama saat mengakses internet di depan sekolah. F-ISTIMEWA

ANAMBAS – PIHAK Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bantu sejumlah sekolah, dengan pemasangan perangkat internet untuk keperluan pelajar dan masyarakat. Salah satu sekolah yang kini telah memiliki akses internet yakni SMPN 1, Desa Ulu Maras, Kecamatan Jemaja Timur.

Kepala SMP Negeri 1, Apri Hendri mengatakan, sejauh ini pihaknya merasa sangat terbantu dengan jaringan internet yang disalurkan dari pihak Kemenkominfo. Sehingga, untuk Ujian Nasional (UN) siswa nantinya sudah bisa dilakukan. Namun, apabila listrik padam persoalan yang muncul sinyalnya akan hilang. ”Kalau untuk UN siswa di SMPN 1 sudah sangat terbantu. Tetapi kalau listrik padam, jaringan internetnya ikut hilang pula,” ungkap Apri Hendri, kemarin.

Menurutnya, akses internet tersebut merupakan program pemerintah dalam rangka pemerataan akses internet di seluruh Indonesia sebagai program Universal Service Obligation (USO) atau Kewajiban Pelayanan Universal (KPU).

Program itu dijalankan oleh Kemenkominfo, dan dilaksanakan oleh Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi Informasi (BP3TI). Tujuannya, untuk mengatasi kesenjangan teknologi informasi serta mendukung kegiatan perekonomian, pertahanan dan keamanan, serta mencerdaskan bangsa melalui teknologi informasi dan komunikasi.

Untuk itu, pihaknya juga berharap kepada siswa agar dapat memanfaatkan jaringan internet tesebut ke hal positif. Pihak sekolah membenarkan, para siswanya membawa telepon selulernya saat berada disekolah. Namun ketika proses belajar mengajar, maka seluruh telepon selulernya dikumpulkan di masing-masing kelas.

Ketika pulang dan waktu istirahat, telepon seluler dikembalikan ke masing-masing siswa. ”Kami tekankan kepada siswa, agar dapat memanfaatkan jaringan internet ke hal positif,” jelasnya.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here