Kemenkumham Usul Bangun Lapas Khusus

0
827
Dialog : Gubenur Kepri Nurdin Basirun dialog dengan warga binaan di Lapas Umum Tanjungpinang. f-dokumen/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Tak ingin mengalami penumpukan jumlah warga binaan, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM) Kepri mengusulkan untuk membangun rumah tahanan khusus perempuan di Kota Batam.

Hal ini disampaikan, Humas Kanwil KemenkumHAM Kepri Rinto Gunawan kepada Tanjungpinang Pos di Kota Batam, Minggu (28/5) kemarin.

”Kami sudah ajukan sejak awal januari lalu kepada BP Batam,” ujar Rinto

Menurut Rinto, solusi mendirikan bangunan tahanan khusus untuk warga binaan perempuan saat ini, merupakan faktor pendukung yang paling utama dalam mencegah over kapasitas tahanan baik di Rutan maupun Lapas.

Baca Juga :  Sarjana Jangan Malu Jualan

”Ini mencegah agar tidak lagi over kapasitas, karena kalau sudah ada lapas perempuan, blok tahanan perempuan saat ini bisa digunakan untuk WB lain,” ucapnya

Lebih lanjut Rinto menambahkan, saat ini jumlah warga binaan baik di rutan maupun di Lapas sudah mampu mencapai lebih dari 3 ribu orang. Sedangkan jumlah tahanan perempuan terus mengalami peningkatan saat ini sudah mencapai 250 orang lebih.

”Permintaan kami ke BP Batam siapkan lahannya, kami bangun lapas khusus perempuan dengan kafasitas lebih kurang 500 orang,” terangnya

Baca Juga :  Gubernur Lepas JCH Terakhir

Hanya saja, sejak Januari diusulkan sampai hari ini BP Batam belum memberikan kepastian ke Kanwil KemenkumHAM Kepri, kapan akan dilakukan pembahasan lagi.(SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here