Kemenpar Subsidi Ongkos Kapal

0
47
TURIS Tiongkok menikmati kawasan perhotelan di Kabupaten Bintan. Turis berbagai negara yang datang ke Bintan meningkat setiap tahunnya. f-istimewa

2019, Target 4 Juta Turis ke Kepri

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI menargetkan kunjungan turis ke Kepri tahun 2019 nanti sekitar 4 juta jiwa. Berbagai upaya dilakukan untuk merealisasikan target itu. Salah satunya memberi subsidi kapal luar negeri.

BATAM – Bahkan, tiket kapal bersubsidi (paket hot deals) itu sudah dimulai sejak September 2018 lalu. Hingga kini sudah terjual 431 ribu kursi.

”Karena berhasil, paket hot deals dinaikkan dari 500 ribu menjadi 700 ribu. Masa berlaku sampai Februari 2019,” ujar Buralimar, Kepala Dinas Pariwisata Pemprov Kepri di Batam, Rabu (5/12).

Adapun subsidi itu untuk tiket 39 Dolar Singapura pulang pergi (PP). Yang disubsidi 20 Dolar menjadi 19 Dolar.

”Tapi tidak bisa hanya (beli tiket) itu. Harus ikut dengan paket hotel atau restoran. Kita kerja sama dengan hotel dan restoran. Selain itu, hari biasa, bukan weekend,” ujarnya lagi.

Program Kemenpar di Kepri tahun 2018 ini sampai tahun depan awal, paket hot deals. ”Bantuan dari Kemenpar di tengah jenuhnya wisman ke Bali dan Jakarta, diarahkan ke Kepri. Paket hot deals, dinaikkan,” jelasnya lagi.

Buralimar mengatakan, target Kemenpar 2019 agar jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Provinsi Kepri sebanyak 4 juta orang terlalu tinggi.

”Proyeksi target wisman 2,4 juta untuk tahun depan. Itu RPJMD Kepri. Kalau nasional menargetkan, 4 juta jiwa,” kata Buralimar.

Sementara Dinas Pariwisata Pemprov Kepri menargetkan turis ke Kepri 2019 nanti 2,4 juta orang. Target itu sesuai dengan proyeksi yang diberikan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Walau target 2,4 juta, harapan mereka tetap sama dengan Kemenpar. Kemenpar sendiri diakui menargetkan Bali akan menyumbang 40 persen wisman Indonesia. Sementara Jakarta 30 persen, Kepri 20, sisanya daerah lain 10 persen.

Meski demikian, mereka berharap capaian wisman di Kepri bisa di angka 2,4 juta jiwa. Bahkan Dispar Kepri bersama kabupaten/kota akan mengupayakan berbagai cara agar target Kemenpar di Kepri, bisa terwujud. ”Kita coba mengejar target nasional,” harapnya.

Walau diakui sulit, namun dukungan Kemenpar diakui cukup besar di tahun 2019 mendatang. Bahkan sejumlah kegiatan sudah disiapkan Kemenpar, dengan mengalokasikan anggaran yang cukup besar, bagi Kepri.

”Banyak yang digeser kegiatan dan anggaran dari daerah lain ke Kepri. Dukungan Kemenpar untuk kita luar biasa tahun depan,” beber Buralimar.

Diharapkan, tahun 2019 mendatang, Singapura dan Malaysia bisa memperbanyak distribusi wisman ke Kepri. ”Kalau tidak, jumlah kunjungan wismannya bisa dilewati Cina dan India,” katanya.

Sementara untuk target tahun ini, masih tersisa agenda yang diharapan bisa mendorong kunjungan wisman ke Kepri, melalui Batam. Dimana, masih ada agenda Batam Culture International di Batam. Selain itu, ada penampilan Rosa pada 8 Desember. ”Mingkin disitu Menpar akan hadir,” bebernya.

Selain itu, Band Michael Learn To Rock (MLTR) juga akan tampil di Batam, pada Desember 2018 ini. Untuk MLTR, sebanyak 300 orang wisman Singapura, diakui sudah konfirmasi akan hadir. ”Mereka sudah ambil tiket dari Singapura,” sambung Buralimar.

Diakuinya, untuk tahun depan, Geopark Natuna juga akan memberikan sumbangsih lebih baik tahun depan. Hanya saja, pihaknya tidak berharap banyak, karena masalah transportasi. ”Itu masih dalam progres, tapi aksesibilitas yang jadi masalah,” jelasnya.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here