Kementan Cetak 2.000 Ha Sawah di Lingga

0
850
Dirjen Sarana dan prasarana Kementan bersama Wabup Lingga saat mengunjung lokasi percetakan sawah di Desa Resang Lingga, Selasa (24/4). f-TENGKU/tanjungpinang pos

LINGGA – Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Kementerian Pertanian melakukan kujungan kerja ke Kabupaten Lingga untuk memastikan penambahan program cetak sawah, seluas 2.000 hektare di Kabupaten Lingga berjalan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Anggaran cetak sawah seluas 2.000 Ha di Kabupaten Lingga ini masuk dalam DIPA ke-2 lingkup Ditjen PSP dengan nomor surat S-626/AG/2018 yang terbit pada tanggal 9 April 2018.

”Cetak sawah masih diperlukan di Lingga meskipun selama ini kita ketahui masih ada kekurangan, khususnya penyediaan irigasi dan alsintan,” kata Dirjen PSP Kementan, Dadih Permana, kemarin.

Cetak sawah di Kabupaten Lingga yang dianggarkan oleh Pemerintah Pusat seluas 2.000 Ha, dimaksudkan untuk menambah luas baku lahan sawah yang sudah ada sebelumnya di Kabupaten Lingga.

Cetak sawah ini nantinya tidak hanya membuat sawah baru, namun juga untuk merubah pola pikir masyarakat. Adapun upaya yang dilakukan Pemerintah Pusat untuk mensukseskan program cetak sawah di Kabupaten Lingga, adalah dengan mendatangkan petani sukses dari wilayah Jawa dan melakukan penambahan dan pemantapan pendampingan dari penyuluh pertanian.

Kegiatan cetak sawah di Kabupaten Lingga ini, menurutnya merupakan terobosan dari Pemerintah Pusat untuk memenuhi kebutusan pangan di daerah perbatasan. ”Tadi kita juga melakukan peninjauan di beberapa wilayah seperti di Lingga, Lingga Utara, Singkep dan Singkep Selatan,” kata Dadih.

Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar di sela-sela kegiatan tersebut mengatakan program pertanian di Kabupaten Lingga akan terus berjalan. Pemerintah daerah sudah melakukan berbagai cara untuk mensukseskan program pertanian tersebut dan melibatkan banyak pihak.

”Ini merupakan amanah yang diberikan Pemerintah Pusat kepada kita, sehingga harapan kami seluruh masyarakat dapat mendukung untuk mensukseskan program ini,” imbuhnya.

Sejak tahun 2016 lalu, program pencetakan sawah di Lingga terus dilakukan. Dukungan semua pihak mempercepat pencetakan sawah itu. Lingga akan dijadikan sebagai basis penghasil beras di Kepri yang merupakan daerah perbatasan dan terluar. Kebutuhan beras Kepri diharapkan bisa dipenuhi dari hasil panen sawah di Lingga.

Kabupaten Lingga mempunyai luas wilayah daratan dan lautan mencapai 211.772 km2. Namun, berdasarkan data eksisting luas wilayah Kabupaten Lingga sebesar 45.667,56 Km2 yang terdiri dari luas daratan sebesar 2.235,48 Km2 (4,91%) dan lautan sebesar 43.432,08 Km2 (95,09%). Jumlah pulau yang terdapat di Kabupaten Lingga sebanyak 604 pulau dengan kondisi sekitar 571 belum berpenghuni. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here