Kementerian Kelautan Bantu Nelayan Natuna

0
550
SERAHKAN: Perwakilan SKPT Natuna, Parlinggoman Tampubolon menyerahkan bantuan kapal dan surat-suratnya kepada nelayan Natuna, Sabtu (4/11) lalu. f-hardiansyah/tanjungpinang pos

NATUNA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pimpinan Susi Pujiastuti melalui Program Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (PSKPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyerahkan bantuan 8 unit kapal tangkap ikan berukuran 10 gross tonnage dan 3 unit kapal 20 GT kepada nelayan di Pelabuhan Perikanan Terpadu, Natuna, Sabtu (4/11) lalu.

Hal ini untuk mendukung pengembangan masyarakat nelayan di Natuna. Sebelum serahkan kepada koperasi Nelayan Natuna, kapal terlebih dahulu di-seat trail ujicoba yang disaksikan para kelompok nelayan. Selain memberikan bantuan kapal, KKP juga menyerahkan bantuan alat tangkap ikan ramah lingkungan serta dokumen kapal.

Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Natuna, Hadi Suryanto mengatakan, kapal bantuan itu diserahkan oleh perwakilan SKPT Natuna, Parlinggoman Tampubolon kepada sejulah koperasi nelayan yang tersebar di beberapa kecamatan. ”Ya betul, hari sabtu kemarin ada 8 koperasi yang dibantu kapal,” ujar Hadi di tempat kerjanya, Jumat (10/11).

Kabid Pemberdayaan Nelayan Dinas Perikanan Kabupaten Natuna, Dedy Damhudy menjelaskan, jumlah kapal yang diserahkan sebanyak 8 unit, terdiri dari 5 unit kapal ukuran 10 GT dan 3 unit ukuran 20 GT.

Penyerahan dilaksanakan secara bertahap mulai dari tanggal 3 November untuk kapal 10 GT antara lain, 2 unit kapal diserahkan kepada Koperasi Indonesia Hijau, Kecamatan Bunguran Batubi.

Satu unit kapal kepada Koperasi Nelayan Perbatasan Mutiara Ujung Utara, Kecamatan Bunguran Selatan dan 1 unit kapal kepada Koperasi Nelayan Perbatasan Lubuk Lumbang Sejahtera Kecamatan Bunguran Timur serta 1 unit kapal kepada Koperasi KSU Usaha Kita Sejahtera, Kecamatan Bung Utara.

Kemudian penyerahan kapal 20 GT diserahkan pada 5 November lalu dengan penerima Koperasi Nelayan Perbatasan Mutiara Ujung Utara. Dan selanjutnya pada tanggal 6 November, dua unit kapal 20 GT diserahkan kepada Koperasi Indonesia Hijau.

”Ke-8 kapal perikanan ini merupakan bagian dari 60 kapal ikan yang akan diberikan kepada masyarakat nelayan di Natuna. Mudah-mudah kapalnya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga bisa menjadi gerakan perekonomian,” harap Dedy. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here