Kenalkan Hal Umum Dunia Pariwisata

0
135
MAHASISWA baru beserta jajaran kampus Politeknik Bintan Cakrawala (PBC) foto bersama pada pembukaan Pra Orientasi Pendidikan untuk angkatan pertama. f-istimewa

Kampus PBC Selesai Gelar Orientasi

Kegiatan Orientasi Pendidikan (Ordik) bagi calon mahasiswa/i baru Kampus Politeknik Bintan Cakrawala (PBC) Bintan berlangsung lancar. Mahasiswa baru langsung diperkenalkan tentang hal umum dunia pariwisata.

BINTAN – Kegiatan itu diawali Pra Ordik dibuka dan dilaksanakan di Kampus PBC Lagoi, Senin (26/8) lalu. Pra Ordik itu mengangkat tema ‘Revolusi Generasi Muda Profesional, Berkarakter, Kreatif, Berjiwa Lokal dan Berwawasan Internasional’.

Kegiatan itu, dihadiri seluruh Dosen dan Staf kampus PBC. Acara ini turut mengundang orangtua dan mahasiswa baru PBC, dan dihadiri pihak PT. Bintan Resort Cakrawala serta Yayasan Bintan Resort beserta jajarannya selaku pendiri PBC.

Acara dibuka dengan pemukulan gong dan penerbangan burung merpati oleh RD Rita Ritasari, ST.Par selaku Direktur PBC, Emilia Dewi, S.Pd dari Yayasan Bintan Resorts, Machsun Asfari dan Bapak Edy Darmoyo dari PT. Bintan Resort Cakrawala.

Pra Ordik berlangsung selama 3 hari, mulai Senin (26/8) hingga Rabu (28/8).

Kegiatan Pra Ordik dilaksanakan, dengan tujuan agar mahasiswa baru PBC dapat mengenal lingkungan kampus PBC.

Sekaligus, mengenal hal umum tentang dunia pariwisata saat ini seperti di kawasan wisata Lagoi.

Karena materi yang disampaikan adalah orientasi kampus, grooming dan etika profesi, beauty, presentasi akademik, sosialisasi kemahasiswaan, presentasi prodi.

Sebab, kampus PBC memiliki Prodi D4 Pengelolaan Perhotelan, D3 Perjalanan Wisata, dan D3 Seni Kuliner.

Selain itu, mahasiswa baru juga dikenalkan tentang public speaking, trable manner serta presentasi Sistem Informasi Mahasiswa yang disampaikan oleh tim Dosen PBC.

Kegiatan Ordik mahasiswa baru Politeknik Bintan Cakrawala (PBC) dilaksanakan pada Senin (2/9) di Lapangan Kampus PBC.

Dengan peserta apel sebanyak 57 mahasiswa baru, dosen dan Staf PBC. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, dan berakhir Kamis (5/9).

Dilaksanakannya kegiatan Ordik, bertujuan untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan tentang dunia industri pariwisata.

Lainnya, juga memberikan motivasi untuk dapat bersosialisasi dan bekerjasama dalam sebuah tim sebelum mahasiswa baru PBC memulai perkuliahan.

Rangkaian Kegiatannya adalah Career Path di usaha perjalanan wisata dan perhotelan dari narasumber yang ahli.

CALON mahasiswa baru kampus PBC mengikuti materi tentang Health, Safety and Hygiene yang dibawakan secara langsung oleh Bapak Ray Tobing, yang merupakan Environment Health Department (EHD) Manager PT BRC. F-ISTIMEWA

Selain itu, ada Fire Awareness, Health, Safety and Hygiene, Less Plastic Campaign dan Penanaman Pohon, Pelatihan Dasar Kepemimpinan, penyampaian materi ESQ, Jurit Malam, Industry Tour, Kerja Bhakti, dan Pengukuhan Mahasiswa, yang menandakan bahwa CAMABA PBC telah menjadi mahasiswa baru Politeknik Bintan Cakrawala.

Dengan selesainya acara pengukuhan mahasiswa baru, maka selesai pula Kegiatan Pra Ordik dan Ordik PBC Angkatan Pertama di tahun 2019 ini.

PBC mempunyai 57 mahasiswa baru dengan 3 program studi, Diploma 4 Pengelolaan Perhotelan sebanyak 22 mahasiswa, Diploma 3 Perjalanan Wisata sebanyak 15 mahasiswa dan Diploma 3 Seni Kuliner sebanyak 20 mahasiswa.

Berikutnya, kegiatan perdana kuliah umum Politeknik Bintan Cakrawala untuk Mahasiswa/i Angkatan pertama PBC yang dilaksanakan pada Senin (9/9) di Grand Lagoi Hotel.

Kegiatan itu merupakan perkuliahan pertama, yang dilaksanakan dan diikuti mahasiswa baru PBC.

Kegiatan ini mengundang PT. Bintan Resort Cakrawala, Yayasan Bintan Resorts beserta jajarannya dan Dosen dan Staf PBC.

Pada kesempatan itu, juga mengundang 2 narasumber yaitu Bapak Handono S. Putro sebagai Managing Director Dafam Hotels dan Dr. Agus Canny, M.A., M.Sc sebagai Executive Director of PATA (Pacific Area Travel Association) Indonesia yang mengangkat tema ‘Transforming Tourism Human Resources to Win the Global Competition in Industry 4.0 Era’.

Setelah kegiatan kuliah umum ini, mahasiswa/i angkatan pertama PBC memulai perkuliahan di kampus bersama tim Dosen PBC.

Politeknik Bintan Cakrawala siap mendidik tenaga profesional dibidangnya dengan motto Creating Work, Ready World, Ready Professionals. (ADLY ‘BARA’ HANANI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here