Kenang Jasa Pahlawan dengan Tabur Bunga di Laut

0
345
Tabur bunga: Komandan Lantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Ribut Eko Suyatno bersama veteran menabur bunga dalam rangka memperingati Hari Pahlawan di Perairan Penyengat, kemarin. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang menggelar tabur bunga di laut di perairan Pulau Penyengat, Jumat (10/11). Hal itu dilakukan sebagai bentuk penghargaan serta mengenang jasa para pahlawan yang gugur saat perang di laut saat memperingati Hari Pahlawan tahun 2017. Penaburan bungga dilakukan dari atas Kapal Angkatan Laut (KAL) Marapas. Tabur bunga di laut tersebut juga dilakukan oleh sejumlah veteran yang ada di Provinsi Kepri.

Komandan Lantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Ribut Eko Suyatno mengatakan, tabur bunga di laut ini untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur di laut tanpa diketahui jasadnya.

Di hari ke-72 Pahlawan Indonesia, Kepri mendapatkan penghargaan yang sangat luar biasa dengan ditetapkan Sultan Mahmud Riayat Syah III sebagai pahlawan nasional. ”Sultan Mahmud Riayat Syah III merupakan pahlawan nasional ketiga yang bergerilya di laut dari Provinsi Kepri,” kata Eko.

Danlantamal menyebutkan, setelah Sultan Mahmud Riayat Syah III ditetapkan sebagai pahlawan nasional, maka pihaknya juga berencana membangun sebuah prasasti atau monumen dari salah satu pahlawan nasional asal Kepri. ”Setelah ini keluar keputasan, kita akan membuat suatu prasasti atau monumen, ini kedepan akan kita rencanakan,” sebutnya.

Menurutnya, dalam pembangunan prasasti atau monumen itu kita tidak boleh menyimpang dari APBN. Maka ini akan kita usulkan, apakah nanti dibuat nama gedung Sultan Mahmud Riayat Syah atau yang lainnya. ”Pembuatannya tidak boleh menyimpang dari anggaran APBN yang ada kegiatan program ataupun tidak,” ujarnya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here