Kendala Transportasi, Perajin Tambelan Sulit Pasarkan Produk

0
864
BUAT KERUPUK: Perajin Tambelan membuat kerupuk ikan, baru-baru ini.F-jendaras/tanjungpinang pos

BINTAN – Hasil kerajinan rumah tangga berupa kerupuk ikan asal Tambelan, ternyata belum menjadi unggulan produk makanan di Bintan. Karena wilayah yang jauh, sehingga pemasaran untuk pasar wisata di Bintan belum tergarap maksimal.

Padahal, belasan ibu rumah tangga di Kecamatan Tambelan, sibuk mengolah ikan dengan tepung menjadi kerupuk. Aktivitas itu hampir dilakukan setiap hari. Membuat kerupuk ikan bukan hanya pada masa Bupati Bintan H Apri Sujadi dan Wabup H Dalmasri Syam, berkunjung ke Tambelan, baru-baru ini.

Dian Nusa, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Bintan mengatakan, produk kerupuk Tambelan sangat baik kualitas dan rasanya. Namun masih minimnya pelatihan dan sarana serta prasarananya, membuat produk belum banyak dikirim ke luar Tambela. Terutama ke Pulau Bintan.

Baca Juga :  Titik Api Dipantau Langsung dari Satelit

”Saat ini mereka justru banyak menjualnya ke wilayah Kalimantan. Namun ke Bintan masih kurang. Kemarin, saya sudah kumpulkan 30 pelaku usaha kube di Tambelan. Ini akan kami latih dan bina terus, agar produk yang dihasilkan banyak dan kemasan serta promosinya akan baik pula,” sebut Dian Nusa, kemarin.

Dikatakannya, bila nanti bandara Tambelan selesai dan sudah ada penerbangan ke Bintan, maka produk Tambelan akan diprioritaskan di pasarkan di Bintan. DKUPP Bintan menginginkan produk Tambelan ini menjadi terkenal, dan mudah didapat di Bintan. Khususnya di wilayah-wilayah pariwisata.

Baca Juga :  Uji Coba Bandara Tambelan, Hasilnya Sempurna!

”Jadi akan menjadi oleh-oleh khas Bintan juga. Bila sudah banyak permintaan, maka di Tambelan akan lebih banyak lagi produksi panganan ini, dan pastinya akan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat,” katanya. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here