Kenduri Seni Melayu Diikuti Peserta dari Mancanegara

0
778
KENDURI SENI MELAYU: Salah satu penampilan peserta Kenduri Seni Melayu tahun lalu. f-istimewa

BATAM – Kenduri Seni Melayu (KSM) kembali akan digelar di Batam. Pagelaran seni dan budaya Melayu itu akan dilaksanakan 17, 18 dan 19 November 2017. Agenda tahunan sebagai salah satu agenda parawisata. Kegiatan itu akan berlangsung dengan diikuti peserta dari Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand dan Brunai Darussalam.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Parawisata dan Kebudayaan (Disparbud) Batam, Pebrialin, Senin (9/10). Peserta KSM selain dari luar negeri juga akan ikut, Kepri, ada DKI Jakarta, Sumatera Barat, Riau dan Jambi.  ”Selama kegiatan ada pagelaran seni budaya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pilot dan Nakhoda Harus Prima

Diakui, kegiatan itu menjadi salah satu upaya Pemko Batam untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya Melayu. KSM ini merupakan yang digelar ke-19 kalinya. ”Tahun ini pesertanya berbeda. Kita kasih daerah lain untuk berpartisipasi secara bergiliran,” bebernya.

Saat KSM berlangsung, akan ada penampilan kreasi seniman dari Asia Tenggara, bisa disaksikan masyarakat. Sementara dari Batam, akan tampil gabungan sanggar se- kota Batam. ”Saat opening, akan ada tampilan tari persembahan dan tari kreasi. Ada 10 sanggar yang tampil,” sambung Pebrialin.

Baca Juga :  Kepri Pilot Project Revitalisasi Vokasi SMK

Selain Batam, dari Kepri ada juga penampilan perwakilan Tanjungpinang. Selain itu ada dari komunitas tangan di atas (TDA) yang membuka stand UMKM.

”Rata rata pertunjukkan yang ditampilkan ada tarian dan lagu. Dari Singapura ada sanggar tari, Thailand juga ada tarian, termaksud Brunai. Dari Vietnam ada lagu rakyat dan Malaysia ada pemain suling etnik modern,” imbuhnya.

Kegiatan itu juga diselaraskan degan kegiatan Wonderfull Batam, yang berlangsung bekerjasama dengan PKK dari 12 kecamatan di Batam. Sementara untuk pengunjung dari mancanegara, Dispar bekerjasama dengan travel.

Baca Juga :  Bangun Kepri, Maksimalkan Kebersamaan

”Dari peserta luar negeri yang tampil diperkirakan ada 100 orang yang datang ke Batam. Wisatawan kita tawarin hadir melalui agen travel. Kita juga ingin witawan nusnatara hadir,” jelasnya mengakhiri. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here