Kepala BPS Pernah Sarankan Bularimar Cara Gaet Wisman

0
401

TANJUNGPINANG – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri, Panusunan Siregarp ernah menyarankan Kadispar Kepri, Buralimar terkait menggaet Wisatawan mancanegara (Wisman).

Hal ini dikatakan, disela-sela mengumumkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Kepri tidak mencapai target.

Tercatat, Januari sampai Desember 2017 sekitar 2.074.534 Wisman dari target Pemprov yakni 2,2 juta pengunjung.

Panusunan Siregar menyarankan, jika Pemprov ingin mencapai target, maka perlu pembahasan secara clear.

Misalnya, Pemprov mengajak empat kabupaten-kota di Kepri, diantaranya, Batam, Tanjungpinang, Bintan dan Karimun sebagai pintu masuk, duduk bersama.

“Pemprov bisa mengajak masing-masing kabupaten-kota berkomitmen untuk mencapai target yang ditentukan,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (1/2) kemarin.

Bisa jadi spesifiknya, setiap kabupaten Menargetkan berapa Wisman dari Singapore maupun Malaysia, serta negara lainnya.

Ini tentu perlu membuat strategi dengan mengadakan berbagai program atau kegiatan. Dampak positifnya, pencapaian terhadap target Wisman yang masuk ke Kepri.

Selama ini, dirinya mengaku belum melihat seperti apa rancangan target yang dibuat untuk mengaet wisatawan mancanegara masuk ke wilayah Kepri.

“Saya sudah dua tahun di sini, tidak pernah melihat, targetnya berapa, capainnya berapa. Karena tak ada target spesifik,” paparnya.

Jangan seperti sekarang, saat hari weekend, harga kamar hotel naik.  Pengusaha hotel juga harus diajak komunikasi dan empati dengan capaian target pemerintah.

“Kalau nanti berjalan normal, maka ke depan Kepri ini seperti Bali, tenang aja sudah, tinggal narik aja. Yang kita lihat jangan mengharap untungnya, tapi dampak lainnya, misalnya perputaran uang karena turis belanjakan  dananya disini,” paparnya.

Sebagai informasi, data kunjungan Wisatawan terbanyak dari Singapura.  Lebih dari setengah, sekitar 51,17 persen atau sekitar 1.061.469 orang

Jumlah kunjungan terbanyak kedua dari Malaysia. Sekitar 252.058 orang atau 12,15 persen dari total kunjungan ke Kepri selama Januari-Desember 2017.

Jumlah kunjungan sepuluh terbanyak selain wisman Singapura dan Malaysia, dari Tiongkok, India, Korea Selatan, Philipina, Jepang, Inggris, Australia, dan Amerika. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here