Kepala Daerah Mesti Berlomba Cari Investor

0
546
TEKEN MoU: TS Arif Fadillah (kanan) dan Gunawan meneken MoU tenteng Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah di kantor Gubernur Kepri, Kamis (26/10). f-istimewa/HUMAS PEMPROV

DOMPAK – Sekretaris Daerah Provinsi Kepri TS.Arif Fadillah menutup kegiatan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) 2017. Ia juga menandatangani berita acara hasil EKPPD 2017 dan penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terhadap LPPD Provinsi Kepri dan Kabupaten/Kota se-Kepri. Acara ini berlagnsung di Ruang Rapat Utama Lantai 4, Kantor Gubernur Kepri di Dompak, Tanjungpinang, Kamis (26/10).

”Kami ingin kepala daerah serius, fokus, karena evaluasi ini penting untuk mewujudkan pemerintah daerah yang lebih baik. Kalau bisa ke depan, untuk acara seperti ini dihadiri minimal oleh Wakil Bupati atau Wakil Walikota, agar pembahasannya lebih serius,” kata TS Arif Fadillah.

Baca Juga :  Mantan Pejuang Kepri Bentuk Forum Baru

Mantan Sekda Kabupaten Karimun ini, menjelaskan karena pengaruh globalisasi sehingga mempengaruhi perkembangan ekonomi dan tenaga kerja di Kepri, terutama di Batam. Apalagi sebagai kota industri, 70 persen pertumbuhan ekonomi Kepri sangat bergantung pada Batam. Sehingga, ketika Batam sakit maka berdampak pada Kepri secara umum.

”Mari kita dukung Gubernur untuk melakukan pemerataan pembangunan dan ekonomi diseluruh Kepri. Oleh sebab itu, semua Bupati dan Walikota agar berlomba-lomba menarik investor sebanyak-banyaknya ke Kepri,” kata Sekda. Dalam bekerja, Sekda juga meminta agar setiap OPD memiliki target capaian.

Baca Juga :  Kesigapan LANUDAL Tanjungpinang Jalankan Perannya Di Bandara RHF Dalam TRANSIT Pangkogabwilhan I

Serta laporan jangan hanya di dalam buku saja, namun harus ada bukti dalam aplikasi. ”Perlu diingat bahwa tantangan kita semakin berat. Karena seluruh Pemprov dan pemerintah Kabupaten/ Kota di Indonesia selalu ingin menjadi yang terbaik. Maka, jika kita terlambat pasti akan tertinggal,” pesan Sekda.

Sementara itu, Direktur Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Daerah Ir. Gunawan, MA mengatakan bahwa tim EKPPD terdiri dari 10 orang yang melakukan validasi dan evaluasi di Kepri.

Bekerja selama 5 hari, berkoordinasi dengan tim daerah (Timda) yang ada. Gunawan mengingatkan agar tingkat keakurasian dan kualitas data pada LPPD Kepri tiap tahun harus ditingkatkan. ”Akurasi dan kevalidan laporan harus diperhatikan lagi,” kata Gubawan. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here