Kepala SMAN 3 Rancang Software Wadah Karya Ilmiah

0
377
MOTIVASI: Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah saat memberikan motivasi kepada siswa SMAN 3 Tanjungpinang, belum lama ini. f-humas pemko tanjungpinang

Tanjungpinang – Pernah meraih rekor MURI sebagai penulis buku fisika dalam format syair yang pertama di Indonesia. Kini Kepala SMA Negeri 3 Kota Tanjungpinang, Darson, MSi kembali mengagumkan Tanjungpinang melalui kreativitasnya.

Yaitu mampu menciptakan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Pembelajaran berbasis Elektronik (E-PKBGP). Rencananya, akan di luncurkan pada Februari ini.

Pada tahap awal, baru akan digunakan untuk guru di Tanjungpinang dan bahkan provinsi. Jika program ini sudah dapat diterima, maka akan dibawa hingga tingkat nasional.

Tujuan program ini, dapat menjadi wadah berkonsultasi membuat karya ilmiah. Dengan demikian, para guru mendapatkan kiat-kiat dalam penulisan. Ia bermimpi, nantinya akan banyak guru membuat karya tulis melalui software yang diciptakannya.

”Dengan demikian, makin banyak lagi guru yang akan membuat karya ilmiah yang dapat diwariskan kepada generasi penerus,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (2/2) sembari meminta dukungan dari berbagai pihak terkait peluncuran program ini nantinya.

Diceritakannya, awal mula keinginan menciptakan E-PKBGP karena melihat tak banyak guru berniat membuat karya tulis. Dengan demikian, ia berpikir perlu wadah untuk bertukar informasi.

Ia berharap dengan adanya E-PKBGP akan sangat membantu seluruh guru membuat karya ilmiah. Mulai dari jurnal, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Tim Pengembang Kurikulum, hingga kepada artikel.

Bahkan ia bermimpi, aplikasi ini nantinya dapat digunakan hingga tingkat nasional. Hanya saja, ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Serta perlu mendaftarkan temuannya kepada Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan agar bisa difungsikan secara Nasional.

”Mudahan dilancarkan untuk kemajuan pendidikan kedepan,” tuturnya.(yoan s nugraha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here