Kepiting Bakau Hasil Sitaan Dilepas ke Habitatnya

0
672
FOTO BERSAMA: Pihak KIPM Natuna beserta dan instansi foto bersama sebelum melepas kepiting bakau, Kamis (21/9). F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

NATUNA – Puluhan ekor kepiting bakau (Scylla spp) yang siap bertelur dilepaskan ke habitat aslinya di Pering, Bandarsyah, Kamis (21/9). Sebelumnya, puluhan ekor kepiting bakau tersebut hasil dari sitaan yang akan diselundupkan ke Batam.

Kepiting-kepiting tersebut, berasal dari Kota Ranai serta Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat. Tidak tanggung-tanggung, pihak Karantina Ikan Pengendalian Mutu (KIPM) dan Keamanan Hasil Perikanan berhasil menyita 415 ekor kepiting.

”Berdasarkan mekanisme pengecekan, kita berhasil menemukan 415 ekor kepiting bakau bertelur yang rencananya akan dikirim ke kota Batam. Dari hasil penyitaan itu, kita langsung lakukan pelepasan ke habitatnya di daerah pering, kelurahan Bandarsyah,” kata Arrofik, Kasatker KIPM Natuna di kantornya, Kamis (21/9).

Baca Juga :  Penempatan ASN Dievaluasi

Pelepasan kepiting bakau ke habitatnya, bertujuan agar sumberdaya biota laut tetap terjaga dengan memberikan kesempatan kepiting berkembang biak di alam liar. Selain itu, menangkap kepiting bakau, lobster serta rajungan maupun hewan yang hidup di air harus memperhatikan ukurannya yang sudah menjadi ketentuan yang telah diatur dalam undang-undang.

Untuk lobster dan kepiting bakau, harus sesuai dengan ukuran diatas 200 gram serta untuk rajungan diatas 60 gram dan tidak dalam keadaan bertelur. ”Kita mengimbau kepada masyarakat, agar saat menangkapan biota laut harus ramah lingkungan. Serta harus sesuai ukuran lainnya,” imbaunya. (hrd)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here