Kepri Dapat Kapal Tambahan

0
125
KM Sabuk Nusantara 83 diparkir di depan Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang. F-suhardi/tanjungpinang pos

Kapal Ukuran Jumbo, Kapasitas Lebih Besar

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyetujui penambahan satu unit kapal perintis untuk Kepri tahun ini. Kapal ini akan melayari beberapa pulau di Kepri dan diharapkan bisa memperlancar arus barang dan orang.

TANJUNGPINANG – KEPALA Dinas Perhubungan Pemprov Kepri Jamhur Ismail mengatakan, kapal baru tersebut sudah digeser dari galangan kapal dan dibawa ke perairan Tanjungpinang. Home base kapal ini nanti adalah di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang.

Kepala Bidang Perhubungan Darat di Dinas Perhubungan Pemprov Ir. Tri Musa menambahkan, kapal itu sudah dipastikan akan melayari Kepri. Namun, belum diketahui kapan akan diserahkan.

”Tapi kapalnya sudah ada di Tanjungpinang. Kalau kita lihat ada kapal parkir di depan Pelabuhan Sribintan Pura Tanjungpinang, itulah kapalnya. KM Sabuk Nusantara (Sanus) 83,” ujar Tri Musa, kemarin.

Kapal itu, kata dia, masih baru dibuat dan belum pernah dioperasikan. Ukuran kapal juga lebih besar. Selama ini, kapal perintis yang dioperasikan di Kepri ukurannya 1.200 Gross Tonnage (GT).

”Itu kapal yang kemarin. Sekarang, dua kapal perintis KM Sabuk Nusantara 80 dan KM Sabuk Nusantara 84 sudah 2.000 GT. Kapal lama yang 1.200 GT sudah diganti. KM Sabuk Nusantara 83 ini pun 2.000 GT juga,” tambahnya.

Ia berharap, kapal ini sudah mulai dioperasikan di Kepri sebelum bulan puasa. Mei mendatang, puasa sudah mulai dan Juni sudah lebaran. Kapal ini akan membantu arus barang dan orang agar lancar saat puasa dan lebaran nanti.

Kata dia, Kepri dengan lautnya yang sangat luas dan kadang mengalami gelombang tinggi, butuh kapal-kapal besar seperti yang sekarang ini dengan kapasitas 2.000 GT. Sehingga penumpang lebih nyaman di kapal karena guncangannya tidak terlalu terasa.

Saat rapat koordinasi nasional di Yogyakarta tahun lalu, Kemenhub sudah menyetujui usulan jaringan trayek kapal pelayaran perintis di wilayah Kepri tahun 2020 untuk KM Sabuk Nusantara 83.

Kapal ini home base-nya di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang. Artinya, kapal ini berangkat dari Tanjungpinang ke Kualas Maras dengan jarak tempuh 135 mil. Dari Kuala Maras ke Tarempa dengan jarak 37 mil.

Dari Tarempa ke Mida dengan jarak 112 mil. Dari Midai ke Pulau Tiga dengan jarak 52 mil. Dari Pulau Tiga ke Sedanau jaraknya 11 mil. Dari Sedanau ke Pulau Laut jaraknya 61 mil. Dari Pulau Laut ke Ranai jaraknya 42 mil. Dari Ranai ke Selat Lampa 34 mil.

Dari Selat Lampa ke Subi 70 mil. Dari Subi ke Serasan 50 mil. Dari Serasan ke Sintete Kalimantan 105 mil. Dari Sintete ke Tambelan 95 mil. Lalu dari Tambelan kembali ke home base Tanjungpinang dengan jarak 226 mil.

Kapal ini akan melayari 1.030 mil sekali perjalanan pulang pergi (PP) atau sekitar 1.640 Km.

Adapun rute KM Sabuk Nusantara 80 dengan home base di Kijang Bintan menuju Tambelan dengan jarak 226 mil, Pontianak 135 mil, ke Serasan 175 mil, ke Subi 50 mil, ke Selat Lampa 70 mil, ke Ranai 34 mil, ke Pulau Laut 42 mil, ke Sedanau 61 mil, ke Pulau Tiga 5 mil, ke Midai 52 mil, ke Tarempa 112 mil, ke Kuala Maras 37 mil lalu kembali ke Kijang dengan jarak 175 mil.

Kapal ini akan melayari jarak tempuh 1.051 mil atau sekitar 1.681 Km.

Adapun rute yang dilalui KM Sabuk Nusantara 48 dengan home base Tanjungpinang yakni Tambelan 226 mil, Sintete 95 mil, lalu kembali ke Tambelan, lalu ke Tanjungpinang.

Berangkat lagi ke Senayang dengan jarak 52 mil, lalu ke Dabo/Jagoh 83 mil, lalu ke Pulau Berhala 32 mil, kemudian ke Pulau Pekajang 42 mil dan ke Belinyu 37 mil. Dari sini kembali ke rute Tanjungpinang melalui rute tadi. Kapal ini melayari 1.134 mil atau sekitar 1.814 Km.(MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here