Kepri Dapat Tambahan Kursi di DPR RI

0
945
DISKUSI: Mendagri Tjahjo Kumolo (kiri) bersama Ketua KPK Rahmat Rahardjo (tengah) dan Gubernur Kepri Nurdin Basirun, aat rakor dan dialog terbuka gubernur se Indonesia di Jakarta, belum lama ini. f-ist/humas pemprov k epri

JAKARTA – Pansus RUU Pemilu memutuskan untuk menambah 15 kursi anggota DPR dari 560 menjadi 575. Pemerintah pun menyetujui penambahan tersebut. Termasuk Kepri mendapatkan 1 tambahan kursi di DPR RI. Selama ini Kepri hanya memiliki tiga kursi di DPR RI.

Meski demikian, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memberikan syarat. Dari 15 kursi tambahan, dia meminta tiga kursi untuk dapil Kalimantan Utara, dan masing-masing satu kursi untuk dapil provinsi Riau dan Kepulauan Riau. ”(Sisa 10 kursi) kami serahkan kepada pansus pembagiannya,” ujarnya di Kantor Kemendagri, Kamis (1/6).

Baca Juga :  Untuk Mendongkrak Suara, Lis Mesti Pilih Perempuan

Tjahjo mengatakan, tiga kursi untuk dapil Kalimantan Utara mutlak harus diberikan. Sebab, sebagai provinsi baru, mereka belum mendapat jatah kursi yang mandiri, melainkan mengambil jatah Kalimantan Timur selaku daerah induknya.Sementara untuk Provinsi Riau dan Kepulauan Riau, tambahan kursi diharapkan bisa menekan ”harga” kursi.

Sebelumnya, butuh banyak suara untuk mendapatkan satu kursi di dapil tersebut. Sehingga dinilai tidak imbang dengan dapil lainnya. ”Kami hanya minta lima saja. Silakan berunding (sisanya),” kata Politisi PDIP tersebut. Tjahjo berharap, dalam merundingkan pembagian 10 kursi sisanya, DPR bisa mengedepankan kepentingan bersama. ”Jangan egoisme sektor kepentingan partainya tapi melihat secara geografis, jumlah penduduk dan sebagainya,” pungkasnya.

Baca Juga :  Munaslub Golkar Pinang Dukung Airlangga Hartarto

Adapun, daerah yang akan mendapatkan alokasi satu kursi tambahan, yani Sumatera Utara, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jambi, Sulawesi Tenggara, dan Nusa Tenggara Barat (NTB). (jpnn)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here