Kepri Dinilai Sangat Kondusif

0
582
PIDATO: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun saat membaca kata sambutan Presiden Ri Joko Widodo ketika menjadi irup pada Peringatan HUT Bhayangkara ke-71 di Lapangan Engku Putri, Batam Centre, Kota Batam, Senin (10/7) pagi. Kapolda menyerahkan penghargaan (inset). f-mazpram/humas pemprov kepri

Gubernur Irup di HUT Bhayangkara

Provinsi Kepri hingga saat masih aman dan kondusif. Itu karena kepolisian terus bekerja keras untuk menciptakan kondisi yang aman dan nyaman.

BATAM – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengajak masyarakat untuk mencintai dan menyayangi kepolisian. Beri dukungan agar jajaran kepolisian terus mewujudkan Indonesia yang aman dan nyaman. Nurdin mengatakan, sampai sekarang Kepri sangat kondusif. Sehingga masyarakat bisa menjalankan aktivitasnya dengan baik.

”Selamat Hari Bhayangkara, semoga makin sukses makin dicintai dan disayangi masyarakat Indonesia. Sukses untuk Polda Kepri,” kata Nurdin kepada sejumlah wartawan usai menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan HUT Bhayangkara ke-71 di Lapangan Engku Putri, Batamcenter, Kota Batam, Senin (10/7) pagi. Gubernur menyampaikan dengan dukungan Polri dalam mewujudkan situasi keamanan yang kondusif semoga cepat dalam mendorong investasi. Nurdin juga menyebutkan pengamanan selama Ramadan dan Idul Fitri 1438 Hijriyah / 2017 Masehi juga berjalan dengan baik. Harga sembako dan arus mudik maupun arus balik berjalan dengan baik.

Pada kesempatan itu, Gubernur membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo. Jokowi memberikan instruksi kepada seluruh jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk terus meningkatkan kinerjanya. Peningkatan kinerja itu antara lain melalui perbaikan manajemen internal untuk menekan budaya negatif seperti korupsi, penggunaan kekerasan yang berlebihan dan arogansi kewenangan.

”Mantapkan solidaritas internal dan profesionalisme guna mendukung terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian,” kata Nurdin. Polri juga diminta mengoptimalkan modernisasi dengan penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan publik.

Juga meningkatkan kesiapsiagaan operasional, melalui upaya deteksi dini dan deteksi aksi dengan strategi polisional proaktif. Dengan demikian, Polri tetap dapat lincah bertindak dalam menghadapi perkembangan situasi yang meningkat secara cepat.

”Tingkatkam kerja sama, koordinasi, dan komunikasi dengan semua elemen baik pemerintah maupun masyarakat serta kolega internasional sebagai implementasi pendekatan sinergi polisional, guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif,” sambung Nurdin saat membacakan amanah Presiden.

Tampak hadir pada peringatan Hari Bhayangkara itu Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian, Danrem 033/WP, Danlantamal IV, Kajati Kepri, anGuskamla Armabar, Danlanud RHF, Kabinda, Wali Kota Batam HM. Rudi, Kepala BI Perwakilan Kepri Gusti Raizal Eka Putra, Ibu Hj Noor Lizah Nurdin Basirun. Usai upacara, Gubernur bersama Kapolda Kepri dan undangan menyaksikan peragaan penanganan kasus teroris (perampokan ATM) dan defile pasukan Polda Kepri.

Kapolda Kepri juga memberikan sejumlah penghargaan kepada mitra dan masyarakat. Di antara penghargaan itu untuk mereka yang berperan aktif dalam terciptanya sinergitas Polisional yang proaktif dan kerja sama pemerintah yang solid sehingga dapat mendukung penyelenggaraan kamtibmas dan penegakan hukum yang mantap di wilayah Polda Kepri. Penghargaan ini diberikan kepada Gubernur Kepri, Ketua DPRD Kepri, Danrem 033/WP, Kabinda Kepri, Danlantamal IV, Kajati Kepri, Danguskamla Armabar, Ka Bakamla Kepri, Danlanud RHF, Ketua Ombudsman Kepri.

Penghargaan juga diberikan untuk mereka yang mendukung sinergitas Polisional di bidang ketahanan ekonomi, pendidikan dan kemaritiman dalam menciptakan, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Polda Kepri. Penghargaan diberikan kepada Kepala Bank Indonesia Kepri, Kanwil Khusus DJBC Kepri, KepaLa Pangkalan PSDKP Batam dan Rektor Uniba.

Sementara yang mendukung peningkatan kapasitas kesatuan Polda Kepri melalui pembangunan fasilitas Polri, memajukan Kepolisian dalam rangka menciptakan dan memelihara kamtibmas serta penegakan hukum diberikan kepada Wali Kota Batam, Bupati Karimun, Bupati Anambas dan Kepala BPN Batam.

Untuk bidang sosial budaya, kerukunan antar umat beragama, kearifan lokal dan kemitraan antara polisi dan masyarakat penghargaannya diberikan kepada Ketua MUI Prov Kepri. Juga kepada Pimpinan Muhammadiyah Kepri, Ketua PW NU Kepri, Ketua Persatuan Gereja Katolik Kepri, Ketua Persatuan Gereja Protestan Kepri, Ketua Agama Hindu Kepri, Ketua Agama Budha Kepri, Ketua LAM Kepri, Yang dipertuan besar Tengku Husin Ibni Tengku Saleh Damnah.

Termasuk kepada Dato Wira Indera Perkasa Raja Muhammad E Mansyur Ibni Raja Abdul Razak, Ketua Senkom Kepri, Ketua GP Ansor Kepri, IJTI Kepri, AJI Kepri, PWI Kepri, PFI Kepri, Bapak Hendi, Ketua Koni Kepri, Kepala BUKP PT. Putra Tidar Perkasa Batam. Sementara, personel yang bekerja melebihi panggilan tugas melalui kerja sama internasional yang proaktif di kawasan Asean juga mendapat penghargaan.

Mereka adalah Kombes Pol Hirbak Wahyu Setiawan (Atase Polri Singapura), AKBP Wino Sumarno (Stafnis Pol Johor Bahru), Brigadir Dipo Patria (Pasukan Perdamaian PBB), AKBP Bubung Pramoadi (Mengungkap Jaringan Narkoba Internasional), Iptu Supriadi (Pembinaan Polri), dan Iptu Yudi (Pengungkap penculikan antarnegara).(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here