Kepri Diuntungkan Sebagai Daerah Kepulauan

0
693
NAIK SKI: Nurdin saat menunggani jet ski dan berbincang dengan yatcher di perairan Tanjungpinang, belum lama ini. f-ist/humas pemprov kepri

DAU Dihitung Berdasarkan Luas Wilayah Laut

Kepri terus membangun untuk menjadi daerah kepulauan yang sukses. Kepri yang terdiri dari 96 persen lautan merupakan tantangan tersendiri dalam membangun Infrastruktur.

TANJUNGPINANG – Memacu pertumbuhan ekonomi merupakan target yang terus digesa juga dengan membangun Sumber Daya Manusianya dengan terlebih dulu meningkatkan potensi SDM kemaritiman. Hal ini disampaikan Sekdaprov Kepri TS Arif Fadilillah, kemarin.

”Perekonomian Kepri yang lesu sejak beberapa tahun belakangan ini. Tapi masih ada harapan baru untuk bisa bangkit dengan digesanya Undang-Undang Provinsi Kepualuan yang saat ini menjadi perhatian pemerintah pusat dan DPD RI. Bahkan RUU ini sudah masuk dalam Prolegnas,” kata Arif.

Baca Juga :  Pancing Infrastruktur, Yakin Investasi Meluncur

Mantan Sekda Karimun ini ada delapan provinsi kepulauan di Indonesia yakni, mulai Provinsi Kepri, Provinsi Maluku, Provinsi Maluku Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Provinsi Bangka Belitung (Babel), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

”Kita berharap ekonomi Kepri akan bangkit dengan disahkanya UU Provinsi Kepulauan. Sebab Kepri akan menerima lebih besar Dana Alokasi Umum (DAU) jika UU Provinsi Kepulauan sudah disahkan dan diterapkan,” kata Arif Fadillah di kantor DPRD Kepri.

Saat ini tegas Arif, Gubernur Kepri Nurdin Basirun sudah menerima Draf UU Provinsi Kepuluan. Draf ini diserahkan oleh Wakil Ketua  DPD RI. Selain itu, UU ini sudah menjadi prioritas utama dimasukan dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas). ”Kita sangat berharap UU tersebut di tahun 2018 sudah clear atau disahkan pemerintah pusat,” harap Arif.

Baca Juga :  1.448 Hektare Lahan Bintan Dihijaukan

Dengan disahkannya UU ini maka APBD Kepri ke depan akan naik jauh lebih besar. Sebab, nantinya anggaran yang dikucurkan dari pusat melalui Dana Alokasi Umum (DAU) akan lebih besar dibanding dengan yang diterima saat ini. Sebab, menurut Arif, nantinya penghitungan DAU ini bukan hanya dihitung dari jumlah luas daratan dan jumlah penduduknya semata.

Tetapi, akan di hitung juga dengan luas lautan yang dimiliki Kepri. ”Ini yang kita harapkan, sehingga akan terealisasi pelaksanaan RPJMD Kepri ini. Kita tidak berharap terlalu muluk-muluk, namun yang penting disemua OPD keseluruhan pekerjaan dapat terealisasi dengan baik dan tepat waktu,” ujarnya.

Baca Juga :  Akhir Tahun Proyek Jalan Dompak Selesai

Arif menyampaikan anggaran yang berasal dari DAU ini, bukan hanya untuk gaji semata, tetapi anggaran DAU ini juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan peningkatan pembangunan infrastruktur.

Selain akan adanya peningkatan anggara dari DAU, tentunya juga anggaran DAK dan dana yang bersumber dari pusat secara keseluruhan akan meningkat termasuk untuk dana desa.(SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here