Kepri Menuju Digital Gateway

0
932
Guntur Sakti

Pelayanan Tiap OPD Berbasis Teknologi

TANJUNGPINANG – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kepri ingin di era sekarang, semua pelayanan harus berbasis teknologi informasi. OPD di Pemprov Kepri yang bersentuhan dalam melayani publik, semua harus digital.

Menurut Kepala Diskominfo Kepri Guntur Sakti, ia tengah mengesa satu gedung yang rencananya akan digunakan untuk memberikan ragam informasi layanan publik di untuk seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kepri.

Gedung yang akan digunakan adalah gedung Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kepri. Lokasinya di Jalan Basuki Rahmat, Tanjungpinang. Layanan digital Gateway di 2018 mendatang mulai di bangun dan terbuka untuk masyarakat umum. Tahun depan pelayanan masyarakat di Kepri sudah berbasis aplikasi digital.

”Saat ini sudah ada beberapa OPD yang sudah menggunakan layanan lewat aplikasi online, dan kami siap menghimpun, serta mendukungnya,” ujar mantan Kepala Dispar Kepri tersebut.

Baca Juga :  Gadget Bikin Anak Saling Cuek

Guntur menyebutkan, ke depan pihaknya sedang menyiapkan perangkat-perangkatnya berbasis teknologi informasi. Ia juga menyediakan gedung yang representatif untuk di kunjungi masyarakat umum.

”Jadi semua informasi layanan di setiap OPD semua terhimpun di gedung ini (Kepri Digital gateway, red),” jelasnya sambil menunjukkan bentuk bangunan beberapa perangkat pendukung yang ada di dalam ponsel miliknya.

Menurut dia, gedung Perpustakaan Kepri saat ini, di tunjuk sebagai tempat Kepri Digital Gateway karena selain letaknya di tengah kota, juga memiliki ruas wilayah yang cukup besar. ”Lewat rencana ini, kita berharap tujuan menciptakan Kepri Smart Provinsi itu tercapai,” harapannya.

Nanti gedung Kepri Digital Gateway tersebut, sambung dia akan dikelola Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Petugasnya terdiri dari Kominfo dan langsung di kontrol Komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Kepri. ”Kita sudah rencanakan gedung itu tidak hanya menyiapkan fasilitas wifie tapi ada cafetaria, lokasi yang digunakan untuk mengakses informasi. Segala bentuk informasi seluruhnya berbentuk digital tak lagi manual,” bebernya menceritakan.

Baca Juga :  Nurdin Minta Program OPD Harus Bermanfaat

Belum lama ini, Sekdaprov Kepri H TS Arif Fadillah, bersama Kadiskominfo Pemprov Kepri turut hadir dalam peluncuran e-Government Kementerian Pan-RB bertajuk ”Menuju Pemerintahan Efektif, Efisien dan Akuntabel” di Jakarta.

Di depan perwakilan pejabat MenpanRB RI, Arif Fadilillah mengatakan bahwa saat ini sedang membangun sistem layanan e-Goverment. Diskominfo telah merancang aplikasi yang sama untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kepri.

Arif sangat optimis aplikasi e-Government Kepri bisa dilaksanakan sesuai yang ditargetkan. Ada 8 aplikasi di Kemenpan-RB bisa menjadi tambahan pengetahuan untuk e-Gov Kepri.

Baca Juga :  Investor Cina Incar Proyek Jembatan Babin

Aplikasi yang akan dibuat Pemprov Kepri disebut KISS (Kepri Integrated Information System). Tujuan aplikasi KISS adalah untuk menghubungkan semua aplikasi yang ada pada seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kepri dalam satu platform manajemen pengelolaan informasi.

Semua aplikasi ini menurut Arif masih terus disempurnakan hingga peluncuran nanti. Aplikasi yang digodok pada Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) tersebut ditargetkan selesai akhir tahun 2017 ini dan mengawali tahun 2018 Kepri sudah mengaktifkan sistem e-Gov-nya. (ais/bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here