Kepri & Sumut Kerja Sama Pangan

0
247
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun menghadiri Rakernas Assosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di The Trans Luxury Hotel Bandung, Jawa Barat, Kamis (22/2) pagi. F-istimewa/humas pemprov kepri

Rakornas APPSI Perkuat Konektivitas Antarprovinsi

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengatakan Kepri akan semakin memperkuat konektivitas dengan provinsi-provinsi tetangga dalam rangka kerja sama perdagangan seperti pangan untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat Kepri.

BANDUNG – Kerja sama ini dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat dan memperbaiki stabilitas harga. Apalagi Kepri bukan daerah penghasil pertanian, sehingga butuh kerja sama dengan provinsi lain.

”Secara tradisional kerja sama perdagangan ini sudah lama dilakukan. Kita akan memperkuat secara kelembagaan. Semuanya bermuara untuk kepentingan masyarakat,” kata Nurdin di sela-sela Rakernas Assosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di The Trans Luxury Hotel Bandung, Jawa Barat, Kamis (22/2) pagi.

Rakernas kali ini mengusung tema ‘Kerja Sama Perdagangan Antardaerah untuk Penguatan Ekonomi Nasional’. Ada 24 Gubernur dan Penjabat Gubernur yang hadir pada pertemuan itu. Enam Wakil Gubernur dan empat sekretaris melengkapi 34 provinsi se-Indonesia.

Pada Rakernes APPSI ini juga dilakukan penandatanganan kerja sama tersebut. Penandatangan dilakukan di meja tempat para gubernur berada. Nurdin sendiri duduk diapit Gubernur Jawa Timur Sukarwo dan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi.

Usai sesi pertama Rakernas, Nurdin tampak berbincang dengan Tengku Erry untuk memperkuat kerja sama perdagangan dan lainnya. Salah satu yang dibahas dua gubernur ini adalah pasokan sembako.

Menurut Nurdin, dalam waktu dekat ada pertemuan besar di Medan, Sumut. Pertemuan dilanjutkan di atas kapal sambil melakukan perjalanan dari Belawan ke Batam.

”Kita juga akan memperkenalkan potensi kemaritiman Kepri,” kata Nurdin.

Kerja sama dengan provinsi tetangga juga segera digesa. Seperti Riau, Sumatera Barat, Jambi dan lainnya. Hubungan yang secara tradisional ini sudah ada, akan semakin kuat.

Dalam Rakernas yang dibuka Mendagri Tjahjo Kumolo itu memang dibahas potensi unggulan untuk dikerjasamakan. Kepri mengambil langkah cepat dengan menghubungi provinsi-provinsi tetangga.

Menurut Nurdin, pihaknya ingin mempertegas bahwa para gubernur siap menjadi garda terdepan dalam mempertahankan dan memajukan NKRI.

Apalag Kepri berbatasan langsung dengan banyak negara. Pembangunan bukan hanya untuk memacu dan memicu pergerakan ekonomi, tapi ada marwah dan kebanggaan yang ingin disampaikan.

Nurdin menyampaikan Rakernas ini semakin memperkokoh konektivitas antarprovinsi. Satu dan yang lainnya saling mendukung. Persilangan hubungan yang sejak dahulu sudah terjadi di Kepri semakin kuat.

Dalam Rakernas tersebut, Nurdin didampingi Kadisperindag Burhanuddin, Kadis Kelautan dan Perikanan Edy Sofyan, Karo Perekonomian Herri Adrianto, Karo Pemerintahan Haryono dan Karo Humas Protokol dan Penghubung Nilwan.(MARTUNAS-SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here