Kepri Tuan Rumah PON XXI

0
1050
uang pembinaan: Nurdin menyerahkan uang pembinaan ke atlet Kepri dan pelatih yang menang di PON XIX lalu.

BATAM – Provinsi Kepulauan Riau ditunjuk menjadi Tuan Rumah PON XXI Tahun 2024. Menpora Imam Nahrowi meminta Kepri segera membangun sarana dan prasarana Olahraga jelang pesta empat tahunan tersebut. Kendati banyak daerah lain yang berebut menjadi tuan rumah, tetapi Imam lebih cenderung memilih Kepri, karena akan disejalankan dengan rencana Menpora untuk menjadikan Kepri sebagai pusat pembinaan olahraga wilayah Barat. Gubernur Kepri Nurdin Basirun langsung menyanggupi syarat Menpora untuk membangun sarana dan prasarana Olahraga di Kepri sebagai syarat menjadi Tuan Rumah.

”Saya sudah siapkan lahan 100 hektare di Dompak. Lahan itu memang kita rencanakan untuk sport center. Saya mengajak seluruh masyarakat Kepri untuk bersama-sama berjuang mempersiapkan diri menyambut Kepri sebagai Tuan Rumah PON XXI Tahun 2024 ini,” ajak Nurdin pada acara Apresiasi Atlet dan Pelatih Berprestasi PON XIX Jawa Barat Tahun 2016 KONI Provinsi Kepri, Selasa (19/6) di Hotel Western Premier Panbil Batam.

Baca Juga :  Cepat Kumpulkan Bantuan untuk Korban Gempa Palu

Kesempatan tersebut hadir juga Ketua KONI Kepri Johnnes Kennedy, Mantan Ketua KONI Kepri Nur Syafriadi, Kepala Kepolisian Daerah Kepri, Irjen Pol Sam Budigustian, FKPD Kepri. Nurdin mengatakan rencana Pemprov Kepri tidak hanya menjadikan Dompak saja sebagai pusat pembinaan olahraga. Tetapi di setiap Kabupaten Kota akan dibuatkan Sport Center dengan pembinaan cabang olagraga unggulan masing-masing daerah. Sementara itu, Ketua KONI Kepri Johannes Kennedy berharap Menpora tidak berubah pikiran lagi dalan menentukan tuan rumah PON XXI Tahun 2024 nanti. Dia mengajak pemerintah, pengusaha dan masyarakat untuk sama-sama mewujudkan rencana besar terbesar itu.

Baca Juga :  33 Prajurit Korem Naik Pangkat

”Menpora ingin nanti pusat olahraga yang dibangun nanti seperti Hambalang. Kalau Kepri sanggup rencana pusat olahraga seperti Hambalang akan dipindahkan ke Kepri. Impian ini yang mendorong saya untuk langsung menyanggupi Kepri sebagai tuan rumah meski belum sempat menghadap Gubernur untuk menyepakati hal itu,” jelas Johannes. Johannes mengungkapkan, sebagai Ketua KONI, dirinya dan jajaran memang menginginkan Kepri sebagai Tuan Rumah PON XXI Tahun 2024. Jon yakin event tersebut akan mendatangkan banyak kemajuan bagi Kepri baik di bidang infrastruktur maupun wisatawan.

”Kita belajar pada Palembang, keberaniannya bersedia sebagai Tuan Rumah Asean Games telah mendorong banyak pembangunan di sana, mulai dari sarana prasarana olahraga sampai pembangunan jalan dan infrastruktur lainnya. Belum lagi nanti jumlah kunjungan wismannya, dalam dan luar negeri,” jelas John. Pada kesempatan itu sebanyak 17 atlet berprestasi pendulang medali menerima dana pembinaan sebagai bentuk apresiasi.

Baca Juga :  Syukuran, Berhasil Tersambung 2.8 Km Jalan Lingkar Tepilaut

Sementara, untuk pelatih ada 9 orang yang mendapatkan dana apresiasi. Total dana yang diberikan Rp 4 miliar. Pada PON XIX Jawa Barat Tahun 2016, Provinsi Kepri berada pada peringkat ke-19 dengan perolehan medali 7 emas, 4 perak dan 7 perunggu. Untuk Penyelenggaraan PON XX Tahun 2020 Menpora menunjuk Provinsi Papua menjadi tuan rumah. (ais) 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here