Keramahan Menjadi Penilaian Khusus Pemimpin

0
343

Oleh: Tri Mawarni
Mahasiswi Manajemen Pemerintahan, STIE Pembangunan Tanjungpinang

Ternyata Indonesiaa memiliki cukup banyak pemimpin didaerah yang dekat dengan rakyat, misalnya, Bupati Bintan, provinsi Kepulauan Riau. Termasuk diantaranya Bupati Bintan Apri Sujadi S.Sos. Meski ia belum sehabat Presiden Joko Widodo (Jokowi), tetapi dia sangat dikenal dengan keramahannya kepada rakyatnya. Umumnya masyarakat menilai pemimpin yang ramah kepada amsyarakat itulah pemimpin idaman mereka.

Ternyata perhatian, kepedulian dan akan kesadarannya Pak Apri dalam memimpin Bintan tidak hanya dikenal di Bintan saja tetapi juga dikenal seluruh Kepulauan Riau dan para Investor dari bermacam negara yang khususnya mau membuka industri atau menanam sahamnya di Pulau Bintan.

Ciri khas Pak Apri ialah senyumannya. Cara ia menghadapi tamu yang berkunjung membuat ia tambah dekat dengan masyarakat. Di kalangan Pemerintah Kabupaten Bintan Pak Apri juga dikenal sebagai pemimpin yang ramah, murah senyum, dan ia tidak suka marah-marah. Dia selalu menganggap kesalahan yang dibuat olah anak buahnya merupakan bagian dari proses perbaikan. Karena menurut Apri marah itu tidak akan membuahkan hasil yang lebih baik. Melainkan justru mendapat kerugian ganda yaitu pekerjaan yang tidak semakin baik. Jika memang ada kesalahan ia akan memberikan nasehat dan masukan agar kesalahan tidak terulang kembali. Dan pak Apri selalu memberikan memotivasi kepada para pegawainya agar bekerja lebih baik, giat, jujur dan profesional.

Apri yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Kepulauan Riau (periode 2011 sampai sekarang). tidak pernah bermimpi menjadi pemimpin di pemerintahan. Tetapi ia selalu optimis dalam mengejar cita-citanya.

Baginya, sebuah kesuksesan tanpa usaha dan kegigihan, mustahil bisa didapat. Hasil yang dicapai hari ini, adalah buah dari perjuangan masa lalu. Istilah pribahasa Berakikt-rakit kehulu, berenang-renang ketepian, bersakit-sakit dahulu baru bersenang-senang kemuan. kemudian.Bagi Apri, hidup adalah perjuangan panjang untuk menjalani suratan takdir. Pada saat ini dia tiba di puncak sebagai pemimpin dan menjadi orang nomor satu di Bintan, itu adalah suratan. Perjuangan yang telah dilaluinya telah menginspirasi banyak orang. Pak Apri adalah simbol tokoh dan layak diteladani.

Kabupaten Bintan yang lebih sejahtera adalah cita-cita dan harapan Pak Apri dan kita bersama.Tekad yng matang untuk mempersiapkan pondasi yang kuat bagi pembangunan Kabupaten Bintan pada periode 2015-2020, guna menyongsong terwujudnya Kabupaten Bintan Gemilang pada 2025 mendatang.Untuk mewujudkan itu semua ia mempunyai visi dan misi yaitu Terwujudnya Kabupaten Bintan yang Madani dan Sejahtera Melalui Pencapaian Bintan Gemilang 2025 (Gerakan Melangkah Maju di Bidang Kelautan, Parawisata, dan Kebudayaan).

Pak Apri pun mempunyai Tujuan dan SasaranPenetapan tujuan dan sasaran di dasarkan pada faktor-faktor kunci keberhasilan yang dilakukan setelah penetapan visi dan misi.Tujuan dan sasaran dirumuskan dalam bentuk yang lebih tepat dan terarah dalam rangka mencapai visi dan misi Pemerintah Kabupaten Bintan.Tujuan merupakan penjabaran atau implementasi dari pernyataan misi dan tujuan adalah hasil akhir yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu 1 (satu) sampai dengan 5 (lima) tahun. Sedangkan sasaran adalah penjabaran dari tujuan, yaitu sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan oleh organisasi pemerintah dalam jangka waktu tahunan, semesteran, triwulanan, atau bulanan. Sasaran diusahakan dalam bentuk kuantitatif sehingga dapat diukur. Sasaran ditetapkan dengan maksud agar perjalanan atau proses kegiatan dalam mencapai tujuan dapat berlangsung secara fokus, efektif, dan efisien.

Dengan semua penjelasan diatas semoga saja impian dan cita-cita Pak Apri dan seluruh masyarakat Kabupaten Bintan dapat terwujud menjadikan “Bintan Kita Bintan Gemilang”.
***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here