Kesalahan Komunikasi Pebisnis di Era Konseptual

0
375
Irma Ramadhani

Oleh : Irma Ramadhani
Mahasiswa Pengembangan STIE Tanjungpinang

Komunikasi merupakan sebuah esensi dalam berbagai bidang seperti bidang ekonomi, sosial, seni, politik, budaya dan bidang lainnya. Komunikasi sebagai pengantar atau jembatan untuk memudahkan seseorang dalam menyampaikan informasi kepada suatu objek yang dituju. Komunikasi dapat dilakukan secara verbal maupun non verbal. Pembahasan kali ini komunikasi berkaitan dengan bisnis internasional.

Didalam komunikasi terdapat beberapa aspek dalam bisnis internasional, yang meliputi gaya komunikasi, kebutuhan masyarakat, meningkatkan mutu produk dan sebagainya. Jika seseorang menguasai dalam bidang tersebut, maka akan bisa bersaing dalam bisnis global.

Apabila gaya komunikasi kita bagus, sopan, bertata krama ,maka lawan bicara kita akan tertarik untuk lebih berkomunikasi kepada kita. Disamping itu cara ini bisa membuat keakraban dalam komunikasi, dan bisa melancarkan dalam bisnis yang dijalin.

Selain itu, seorang pebisnis harus bisa melihat kebutuhan masyarakat di sekitar maupun seluruh dunia. Tanpa mengetahui apa yang di butuhkan masyarakat, maka bisnis yang kita jalankan tidak sesuai harapan yang kita inginkan. Dengan cara melakukan survey baik di lapangan maupun di media sosial.

Untuk melancarkan bisnis yang kita jalankan, seorang pebisnis harus meningkatkan mutu produk yang di publikasikan ke lingkungan masyarakat. Yang bertujuan untuk bisa bersaing dengan produk pebisnis yang lainnya, agar produk kita tidak mudah tergelincir di saat sekarang ini yang di mana semakin berkembangnya zaman produk yang di ciptakan semakin canggih-canggih dan meningkat dari era sebelumnya.

Saat ini kita berada di usia 21 yang disebut era konseptual. Saatnya adalah era emansipasi manusia. Siapa pun Anda, dari mana pun anda berasal jika Anda memiliki konsep yang cemerlang, ide yang bagus, dan dapat membuatnya dan memiliki jaringan jaringan yang kuat, itu akan berhasil. Di mana era ini telah melewati beberapa era sebelumnya, [1] abad ke-18 dengan era pertanian. Era taninya, pada saat itu orang yang didengar adalah pemilik tanah atau tuan tanah. [2] Abad ke era industri. Era pekerja pabrik, ketika terdengar bahwa para pengusaha dan pemilik pabrik. [3] abad informasi abad ke-20. Di era ini orang yang memiliki pengetahuan dan pengetahuan akan didengar.

Tentu saja di setiap era yang berubah, semua ilmu harus berkemas dan berubah menyesuaikan dengan jamannya. Ini adalah era inovasi dengan perubahan yang sangat cepat. Mungkin Anda masih ingat dengan satu merek handpone yang mendominasi pasar handpone di awal tahun 2000-an hingga hampir sekitar sepuluh tahun. Akan tetapi saat ini, hampir tidak ada lagi produksi sehingga orang mungkin memiliki lupa merek tersebut. Apakah Anda tahu merek handpone? Pasti tahu jawabannya. Ya, Nokia juga ada merek Blacberry yang booming dengan bahan bakarnya di 2010 masih mendominasi handpone di dunia.

Apakah Anda tahu nasib kedua merek ini? Ya, kedua merek ini hancur bahkan hampir terlupakan. Ini adalah era yang mungkin tidak dibayangkan oleh kakek dan nenek kita. Era di mana kita berhenti berinovasi dan tidak dinamis dan membuat perubahan untuk mengimbangi perkembangan zaman, maka kita akan punah seperti dinasaurus di masa lalu.

Demikian pula dengan pebisnis yang memainkan dikanca internasional, dengan tenggelamnya nama merek seandainya pengusaha harus memahami bahwa konsistensi dalam produk tidak selama akan bertahan di atas tanpa inovasi dan penciptaan yang terbaru meskipun produk yang dibuat melejit untuk mendominasi dunia internasional bisnis.

Di sini komunikasi diperlukan. Komunikasi apa? Bagaimana? Siapa? Ya, komunikasi yang dimaksud adalah mengkomunikasikan dirinya pada perkembangan zaman, apa yang harus diperbaiki dan dikembangkan di masa depan. Bagaimana? Keterbukaan hubungan antara organisasi internasional adalah salah satu kunci untuk saling membantu untuk pengembangan bisnis yang berkualitas. Dengan relasi seorang pebisnis mampu menjadi peka terhadap apa yang diinginkan manusia di era konseptual ini.

Secara ilmiah, komunikasi internasional lebih baik dipahami dan ditafsirkan sebagai studi dalam lingkup internasional data dan informasi masuk dan keluar melalui batas-batas negara. Selain itu, komunikasi internasional juga terkait dengan banyak konsep politik dan hubungan satu negara dengan negara lain atau beberapa negara lain. Mengacu pada wikipedia, komunikasi internasional adalah komunikasi yang dilakukan oleh pelaku komunikasi sebagai wakil negara dalam menyampaikan pesan dan informasi yang tentu saja berkaitan dengan kepentingan negaranya kepada wakil negara lain.

Harus disadari bahwa : seperti adat, agama dan pemerintahan. Komunikasi juga memiliki aturan. Jika aturan itu dilanggar maka akan ada sanksi yang diterima. Salah satu sangsi itu adalah penerimaan yang berbeda dari apa yang benar-benar ingin anda katakan. Niat baik jika melanggar aturan komunikasi hasilnya komunikasi buruk juga memiliki dampak besar dan kekuasaan dalam menentukan seseorang adalah otoritatif atau tidak. Entrepreneur cerdas dan memahami cara berkomunikasi dengan baik akan dihormati dan dihormati oleh mitra bisnisnya. Sepandai siapa pun di lapangan tidak akan terdengar jika komunikasi tidak lancar. Jadilah wiraswasta yang berwibawa. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here