Kesehatan Calon Anggota KPU Diuji

0
1405
Calon anggota KPU Provinsi Kepri menjalani tes kesehatan Rumkital dr Midiyato Suratani Tanjungpinang, Senin (19/3).F-Andri Dwi S/TANJUNGPINANG POS

Tim seleksi (timsel) calon Komisioner KPU Provinsi Kepri melibatkan dokter spesialis Rumkital dr Midiyato Suratani Tanjungpinang dalam melakukan tes kesehatan terhadap calon Komisioner KPU Provinsi.

TANJUNGPINANG – Sebanyak 20 calon Anggota KPU Provinsi Kepri mengikuti tes pemeriksaan kesehatan dan jasmani pada Senin (19/3). Ketua Timsel Calon Anggota KPU Provinsi Kepri, Riama Manurung menegaskan, pemeriksaan kesehatan calon anggota KPU Kepri, meliputi medical check up, gigi, mata, USG hingga kejiwaan. Kemudian, juga akan dilakukan pemeriksaan mengenai apakah mereka memakai narkoba, sakit jiwa, penyakit jantung, HIV/AIDS dan tuli.

Baca Juga :  Bagi Takjil, Dua Paslon Wako Disemprit Panwaslu

”Lima jenis penyakit yang akan dicek tak boleh ada masalah, kalau ada masalah salah satunya maka mereka tidak lulus cek kesehatan,” kata Riama Manurung, kemarin.

Ia menegaskan, calon Aggota KPU Provinsi Kepri, hasilnya sehat atau tidak, yang tahu hanya tim medis dan Timsel calon Anggota KPU Provinsi Kepri. Pasalnya, Timsel calon Anggota KPU Provinsi Kepri menerima hasil rekapan pemeriksaan kesehatan tersebut.

”Hasil pemeriksaan kesehatan ini, tidak kita umumkan,” tegas dia.

Lanjut dia, hasil ini akan dibawa ke sidang pleno bersamaan pada saat melakukan tahapan tes wawancara yang akan berlangsung selama empat hari, terhitung sejak pada 26-29 Maret 2018. Hanya saja, daerah mana yang dijadikan lokasi tes wawancara belum diputuskan.

Baca Juga :  KPU Se-Kepri Rakor Soal Penerimaan PPK dan PPS

Nanti, lima anggota Timsel calon Anggota KPU Provinsi Kepri akan melakukan wawancara satu per satu calon Anggota KPU Provinsi Kepri. Mulai dari tentang pengetahuan, peraturan Pemilu hingga integritas calon Anggota KPU Provinsi Kepri.

”Kita akan ambil rangking 10 besar saja,” sebut dia.

Sementara itu, Sekretaris Timsel calon Anggota KPU Provinsi Kepri, Adji Suradji Muhammad berpesan kepada calon Anggota KPU Provinsi Kepri, jangan mencoba mempengaruhi tim medis untuk merubah hasil kesehatannya.

”Saya yakin tim medis tidak bisa dipengaruhi oleh peserta,” sebut Adji Suradji Muhammad.

Baca Juga :  MK akan Tinjau Kembali UU Pemilu

Kemudian, sambung dia, 10 nama terbaik akan dikirim ke KPU RI, karena KPU RI nantinya akan memutuskan siapa saja calon KPU yang terpilih.(ANDRI DS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here