Kesiapan Damkar Harus Prima

0
350
KEGIATAN Simulasi pemadaman api oleh personel Damkar di Kantor Bupati Natuna. F-ISTIMEWA

NATUNA – Keberadaan Pemadam Kebakaran (Damkar), sebagaimana diamanatkan dalam peraturan dan perudang-undangan berada pada urusan wajib. Mengingat tujuannya untuk mewujudkan pelayanan masyarakat melalui penanggulangan kebakaran dan bentuk bencana lainnya.

Saat ini, Damkar harus mendapat perhatian sesuai urusannya agar optimalisasi fungsi dapat terselenggara bagi mendukung pembangunan. Terlebih lagi, memasuki tahun 2018 Indonesia sedang menyongsong dua agenda besar yaitu pesta demokrasi Pilkada Serentak di 171 daerah dan perhelatan Seagames XVIII di Palembang dan Jakarta.

”Maka kesiapan, netralitas dan potensi sarana pendukung harus tersedia sebagaimana mestinya. Sehingga, dalam mendukung agenda di atas seluruh personil Pemadam Kebakaran dapat menjalankan tugasnya secara profesional,” kata Sekda Natuna Wan Siswandi, saat memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran ke-99, tahun 2018 yang diselenggarakan di Halaman Kantor Bupati Natuna, kemarin.

Berdasarkan arahan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), bahwa untuk mewujudkan pelayanan prima bagi masyarakat terutama di bidang penanganan dan penanggulangan bencana kebakaran dan bentuk bencana lainnya.

Pemadam Kebakaran harus mendapatkan dukungan dari seluruh pengambil kebijakan yang ada. ”Jadi penting sekali, Damkar bisa mewujudkan pelayanan prima bagi masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, menetapkan kelembagaan yang mewadahi urusan kebakaran sebagai sebuah dinas yang mandiri serta melakukan penguatan kerangka regulasi dalam bentuk penyusunan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah tentang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran. ”Untuk itu, kita ingin dengan telah terbentuknya Dinas Damkar ke depan bisa lebih baik lagi,” tutupnya.

Kegiatan diakhiri dengan simulasi sederhana, tindakan cepat pemadaman api oleh personel Damkar Kabupaten Natuna yang disaksikan oleh seluruh peserta upacara. Simulasi tersebut menggambarkan kesiapan para personel Damkar, melalui kerja sama tim dalam melakukan pemadaman dan pencegahan cakupan wilayah kebakaran. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here