Ketua DPR RI Komit Kawal Pembangunan Kepri

0
392
SALAMAN: Setya Novanto salaman dengan Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun. f-istimewa/humas pemprov kepri

Setya Novanto Berkunjung ke Karimun

Untuk kedua kalinya, Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov) menyatakan perhatiannya ke Kepri dan siap mengawal pembangunan Kepri termasuk pendanaan di APBN.

Karimun – SEBELUMNYA saat kunjungannya ke Natuna beberapa waktu lalu, Setnov juga mengatakan keseriusannya akan mengawal dana pembangunan yang akan dialokasikan sejumlah menteri dalam percepatan pembangunan Natuna sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo.

Sekitar Rp 4,7 triliun APBN akan dialokasikan ke Natuna dari berbagai kementerian dalam mewujudkan keinginan Jokowi untuk membangun daerah perbatasan itu.

Sabtu (18/2) lalu, Setnov kembali mengulang pernyataannya akan mengawal pembangunan Kepri saat kunjungannya ke Karimun.

Setnov didampingi Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun mengunjungi PT Saipem, perusahaan offshore asal Italia.

Ia pun mendorong pembangunan di Kepri, dan Karimun khususnya agar terus mengalami kemajuan dari waktu ke waktu. Dia yakin, dengan kebersamaan segala permasalahan bisa diselesaikan.

”Pulang dari sini (Karimun), Insya Allah saya akan bantu secepatnya dan akan saya kawal supaya pembangunan ini dapat berjalan dengan lancar,” ujar pria yang juga Ketua Umum Partai Golkar itu.

Pernyataan Novanto itu menjawab harapan Gubernur H Nurdin Basirun saat menyampaikan sambutan atas kehadiran Ketua Umum Partai Golkar ini.

Nurdin memang berharap setelah kembali ke Jakarta, Ketua DPR dan khususnya pemerintah pusat memberi perhatian serius terhadap perkembangan Kepri.

Nurdin berterima kasih atas kunjungan Setya Novanto ke Kepri, dalam hal ini Karimun.

”Semoga dengan kunjungan yang seperti ini membawa perubahan buat kita semua khususnya Kabupaten Karimun,” kata Nurdin.

Gubernur menyebutkan, keragaman dan kemajemukan bisa ditemukan di daerah ini. Namun semuanya selalu berpegang kepada empat pilar bangsa ini.

Dalam pada itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq berharap kucuran APBN untuk pembangunan beberapa sektor di Karimun. Salah satunya runway di Bandara Sei Bati Karimun, karena masih terbatas dan berharap bisa diperpanjang lagi.

”Kami berharap perhatian dari pemerintah pusat agar ke depannya pesawat berbadan besar bisa ikut mampir ke sini,” kata Rafiq.

Menurut Rafiq, Karimun merupakan daerah terdepan, maka dari itu ia sangat membutuhkan perhatian dari pusat.

Gubernur H Nurdin Basirun mengajak komponen masyarakat Kepri untuk ikut serta menjaga kenyamanan daerah. Apalagi hal itu ikut mendorong minat investasi semakin tinggi.

”Jangan ada pihak-pihak yang bermain untuk membuat keamanan tidak kondusif di wilayah ini,” kata Gubernur Nurdin saat bersama Setya Novanto.

Nurdin berharap semua pihak harus dapat bekerjasama dalam menjaga keamanan wilayah setempat khususnya di Kabupaten Karimun ini.

Ia mengatakan PT. Saipem merupakan perusahaan yang strategis dan terbesar di Karimun. Tak hanya itu, PT. Saipem juga ikut membantu percepatan pertumbuhan ekonomi daerah.

”Ini sangat memberikan dampak yang positif dan dapat menyerap tenaga kerja lokal, sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan. Dengan demikian dapat mengurangi kantong-kantong kemiskinan,” ungkapnya.

Nurdin dan Rombongan tiba di PT.Saipem pukul 14.15 dan langsung menuju ke ruang rapat guna mendengar pemaparan Manager PT Saipem. Sejak berdiri, perusahaan asal Itali ini menyerap sekitar 11 ribu orang lebih tenaga kerja.

Sebelumnya di Natuna, Setya Novanto berjanji akan memperjuangkan dana percepatan pembangunan wilayah Natuna sebesar Rp 4,7 triliun agar masuk di APBN, sebagaimana diusulkan oleh para kader setempat.

”Saya akan menugaskan anggota Fraksi Partai Golkar yang ada di Banggar DPR untuk memperjuangkan dana tersebut,” katanya saat berkunjung ke Natuna Juli lalu.

Dia menjelaskan, dana tersebut antara lain, akan diperuntukkan bagi pembangunan perikanan, pertanian, pariwisata serta infrastruktur, khususnya pelabuhan dan lapangan udara.

Pada kesempatan tersebut Novanto juga menyempatkan diri untuk berdialog dengan para nelayan. Dia juga memberikan bantuan jaring sebanyak 250 unit.

Hal itu dilakukan karena mendengar keluhan nelayan mengenai pembatasan penangkapan ikan napoleon dan ikan kerapu jenis tiger.

Novanto juga meninjau Pulau Senoa yang merupakan pulau terluar perbatasan Indonesia dengan 6 negara.

Novanto tercatat sebagai ketua umum parpol pertama yang mengunjungi Pulau Senoa.

”Ini sebagai bentuk komitmen Partai Golkar terhadap kedaulatan negara RI,” tegasnya.(ALRION-MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here