Ketua Kadin Beri Tips Cara Berbisnis ke Mahasiswa STTI

0
410
KETUA Kadin Tanjungpinang Bobby Jayanto foto bersama mahasiswa STTI Tanjungpinang usai mengisi kuliah umum tentang ekonomi pariwisata. f-istimewa

TANJUNGPINANG – Ketua Kadin Tanjungpinang Bobby Jayanto, beri tips menjadi pengusaha sukses kepada mahasiswa Kampus STTI Tanjungpinang. Tips itu disampaikannya ketika mengisi materi pada kegiatan kuliah umum di gedung baru Kampus STTI Tanjungpinang Jalan Brigjen Katamso, Pompa Air, pekan lalu.

Pada kegiatan kuliah umum itu, pihak STTI mengangkat tema ‘Ekonomi Pariwisata’. Bobby Jayanto dengan semangat memberikan dan menjelaskan, tentang sejarah kota perdagangan Tanjungpinang sejak dulu kala sebelum menjelaskan tema kuliah umum.

Sebagai seorang pengusaha, Bobby Jayanto melihat kurangnya minat pemuda Tanjungpinang berani untuk terjun menjadi pelaku usaha. Pada materi kuliah umum itu, ia menyampaikan masih minimnya usaha Pemko Tanjungpinang untuk mengemas pariwisata dengan baik. Tak hanya Tanjungpinang, namun secara menyeluruh di wilayah Provinsi Kepri.

”Hal ini perlu diketahui adik-adik mahasiswa, tentang sejarah perkembangan Kota Tanjungpinang. Terlebih, adik-adik kita adalah generasi penerus di masa depan. Kita tentunya berharap, dengan adanya kekurangan dan hambatan kemajuan bagi perkembangan pariwisata dapat diperbaiki dengan adanya generasi-generasi muda yang mampu menjadikan pariwisata Tanjungpinang terus meningkat,” harapnya.

Dengan demikian, perekonomian daerah akan terus bergeliat jika muncul pelaku usaha dalam jumlah besar. Sehingga, mampu mendirikan atau menciptakan lapangan kerja yang memadai di Tanjungpinang.

”Adik-adik harus berani jika ketika berkeinginan kuat, untuk menjadi seorang pelaku ekonomi atau pengusaha. Saya pribadi, walau hanya tamat sekolah SD dulunya hanya bermodalkan keyakinan dan terus belajar membaca peluang. Buang jauh-jauh gengsi,” sebut Bobby.

Mulai dari penjual kasur hingga mendirikan tempat hiburan serta hotel bahkan TV kabel, Bobby berharap, mahasiswa yang lulus tidak hanya berpatokan untuk menjadi seorang pegawai honor pemerintahan. Mahasiswa STTI terdiam sesaat ketika Bobby Jayanto menceritakan awalnya ia menekuni bisnis hinga saat ini menjadi seorang politisi di samping pengusaha.

Sebab, apa yang ia lakukan ketika masa mudanya begitu simpel dalam mengembangkan bisnis dan sangat pintar membaca peluang. ”Untuk menjadi penggerak ekonomi, jangan berharap sekali buka usaha itu ingin langsung menikmati hasilnya. Itu imposible,” tegas Bobby. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here