Ketua PKK Rangkul UKM

0
543
Handayani Ariza saat belajar membuat bros baju.f-andri/tanjungpinang pos

Belajar Membuat Bros Baju

TANJUNGPINANG – Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Tanjungpinang, Handayani Ariza turut ikut membuat bros baju bersama ibu rumah tangga. Serta pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Tanjungpinang di Pusat Oleh-oleh Dekranasda Kota Tanjungpinang di Jalan Agus Salim, Kamis (29/3), lalu.

Pelatihan ini adalah program kerja Dekranasda Kota Tanjungpinang, dengan tujuan untuk memberikan pelatihan kepada ibu rumah tangga. Dan, untuk para pelaku UKM di Tanjungpinang. Kegiatan workshop ini bekerjasama dengan Komunitas Tuah Dua Sebilik. Karena instruktur atau pengajar membuat bros baju ini dari Komunitas Tuah Dua Sebilik, pimpinan Iin Abidatul Mufliha.

Baca Juga :  Mobil Dinas DPRD Ditarik

”Saat ini, kita hanya membuat bros baju dari batu akik,” kata Handayani Ariza kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (29/3).

Kata dia, bros baju yang dibuat menggunakan bahan baku utama dari batu akik serta dihiasi payet-payet. Sehingga bros baju terlihat menarik serta memiliki nilai jual di pasar.

Untuk membuat bros baju, kata Handayani, memang memakan waktu yang cukup lama. Pasalnya, perlu ketelatenan tangan merangkai payet-payet yang akan menghiasi batu akik tersebut.

Selain ketelatenan tangan, butuh perhatian ekstra dari mata memandang terhadap kerajinan tangan yang akan dibuat. ”Kalau tidak telitih betul, maka hasil kerajinan tangan yang kita buat akan tidak bagus. Bisa jadi hasilnya akan berantakan hingga rusak,” terang dia.

Baca Juga :  Peringati HUT TNI, Denpom dan Harley Owner Grup Berbagi

Ke depan, ia akan kembali mengajak ibu rumah tangga serta pelaku UKM untuk membuat produk kerajinan tangan lainnya sesuai kearifan lokal Tanjungpinang. Misalnya, bisa menggunakan bahan baku dari kulit kerang, yaitu Gonggong dan sebagainya. ”Sehingga bisa membantu pendapatan ibu-ibu di rumah,” harap dia. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here