Ketua RT/RW dari TNI Tak Boleh Berpolitik

0
1705
Mayor Mar Yudo Herdyantof-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Bagi Ketua RT/ RW yang berstatus Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang masih aktif di Tanjungpinang dilarang terlibat langsung dalam kegiatan politik praktis di pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang.

Ia juga dilarang mendatangi hingga memenuhi undangan politi dari peserta tim sukses atau calon. Seperti tak boleh hadir dalam kegiatan sosalisasi hingga kampanye apalagi mengajak warga mendukung salah satu calon.

Hal ini disampaikan Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) IV Tanjungpinang, Mayor Mar Yudo Herdyanto kepada Tanjungpinang Pos di Lapangan Tembak Marinir Tanjungpinang, Kamis (15/3).

Baca Juga :  Pilkada Tahun Sekarang Dinilai Sepi

Kata dia, di Pilkada Tanjungpinang, ada dua pasang calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang, yakni H Syahrul-Rahma dan H Lis Darmansyah-Maya Suryanti. H Syahrul dan Rahma memiliki nomor urut 1 dan nomor urut 2 H Lis darmansyah dan Maya Suryanti.

Yudo Herdyanto tidak melarang Ketua RT/RW yang masih berstatus tentara menghadiri kegiatan kampanye tersebut. Tapi, mereka harus lepas baju (seragam tentara) terlebih dahulu. Yakni, harus pensiun dari TNI dulu. ”Status tentara juga dilepas. Silahkan mendatangi kegiatan tersebut,” tegas Yudo Herdyanto.

Baca Juga :  Sembarangan Lantik Pejabat, Cawako Bisa Kena Diskualifikasi

Meskipun netral, tentara memberikan kebebasan kepada para istrinya yang memiliki hak suara untuk memilih calon kepala daerah Tanjungpinnag nantinya.  ”Mau pilih siapa saja, kita tidak berhak mengarahkan,” ucap dia.

Ia menegaskan lagi, organisasi wanita prajurit termasuk organisasi Jalasenastri, tidak boleh dibawah ke ranah politik. Karena organisasi ini hanya sebatas arisan istri prajurit. Selain arisan, organisasi tersebut salah satu membangun silaturahmi antara satu istri prajurit dengan lainnya.

”Kita siap mengawal Pilwako. Bahkan kita tidak terlibat langsung di lapangan. Karena UU mengamanatkan untuk diperbantukan. Tapi hanya membantu, kita akan bekerja semaksimal mungkin terutama Batalion Marinir di Tanjungpinang,” sebut dia. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here