Khawatir Sebelum Pemilu Rusak

0
59
Gudang penyimpanan logistik yang dimiliki KPU Kota Tanjungpinang. Saat ini beberapa logistik seperti kotak suara sudah disimpan di gudang samping KPU Tanjungpinang. f-andri/tanjungpinang pos

Empat KPU Simpan Logistik di Luar Kantor

Tanjungpinang – Ada empat Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyimpan logistik untuk kebutuhan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di luar kantor. Yakni KPU Kota Batam, KPU Kabupaten Lingga, KPU Kabupaten Karimun dan KPU Kabupaten Anambas.

Tiga KPU lagi, menyimpan logistik pemilu di kantornya masing-masing. Seperti KPU Kota Tanjungpinang, KPU Kabupaten Bintan dan KPU Kabupaten Lingga.

Hal ini berdasarkan hasil pantauan serta pengawasan serentak yang dilakukan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) di kabupaten/ kota di wilayah Provinsi Kepri, sejak Sabtu (15/12) sampai dengan Selasa (18/12).

Baik itu dilakukan pengawasan langsung oleh Bawaslu Kota Tanjungpinang, Bawaslu Kabupaten Bintan, Bawaslu Kota Batam, Bawaslu Kabupaten Karimun, Bawaslu Kabupaten Lingga, Bawaslu Kabupaten Natuna dan Bawaslu Anambas.

”Kita ingin tahu, sejauh mana tingkat keamanan logistik yang di simpan KPU di kabupaten/ kota masing-masing,” kata Devisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provinsi Kepri, Idris kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (23/12).

Karena Idris mengatakan, dirinya tidak mau logistik sebelum digunakan pada 17 April 2019 mendatang, sudah pada rusak. Sebab, logistik Pemilu serentak 2019, mudah rusak. Karena bahan logistik, baik itu kotak suara maupun bilik suara menggunakan bahan kardus.

Meskipun, lanjut dia, kondisi gudang penyimpanan logistik pemilu telah sesuai dengan standar keamanan, tetapi menjaga kualitas kotak suara selama kurang lebih empat bulan kedepan hingga pemungutan suara wajib dipastikan pemeliharaannya secara terus menerus. Potensi kerusakan logistik pemilu muncul dari ancaman banjir dimusim hujan hingga April mendatang dan bahaya kebakaran yang setiap saat bisa terjadi.

Dalam menjaga perlengkapan pemungutan suara, KPU wajib menjamin logistik tersebut dari seluruh gangguan atau ancaman dari genangan air dan kebakaran.

Kalau ditemukan rusak, ia berharap, KPU untuk segera melaporkan ke KPU RI agar logistik yang rusak bisa cepat diganti. ”Jangan sudah dekat waktunya dilaporkan,” ujar Idris. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here