Khazanah Budaya-Kuliner Perlu Diinventarisir

0
245
SALAH satu kelompok kesenian musik tradisional Anambas saat promosi wisata.. f-istimewa

ANAMBAS – Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) mendesak Pemerintah Daerah itu untuk segera menginvetarisir khazanah budaya dan kuliner khas agar tidak diklaim menjadi milik daerah lain.

Ketua LAM KKA Herdi Usman mengatakan, disebutnya makanan khas Luti Ghendang menjadi makanan khas Batam oleh salah satu produsen makanan.

Hal itu menjadi contoh nyata, apabila tidak tanggapi serius maka Anambas akan kehilangan harta berharga miliknya.

”Pemerintah segeralah inventarisir kesenian, makanan, minuman khas daerah ini. Setelah diinventarisir barulah sama-sama dorong untuk dipatenkan,” kata Herdi, kemarin.

Menurut dia, sejak dulu pihaknya telah mengingatkan kepada pemerintah agar kesenian khas seperti Gendang Siantan dan Gubang untuk dapat dipatenkan.

Selain itu, agar jangan sampai punah dan tetap lestari kesenian khas masyarakat itu dapat ditampilkan.

Sehingga, selain dapat dinikmati oleh masyarakat juga dapat memberikan pengetahuan pada generasi muda.

”Yang kita ingin adalah kesenian tradisional ini terus dapat lestari, dan tetap abadi sampai ke anak cucu kelak,” jelasnya.

Herdi menilai, saat ini banyak generasi muda yang ada di Anambas tidak mengetahui tentang kesenian tersebut. Walaupun, ada juga yang mengerti dan dapat memainkannya.

”Saya minta kepada dinas terkait untuk memberikan porsi dengan melatih generasi muda, yang peduli untuk melestarikannya,” ujarnya.

Lebih jauh Herdi mengungkapkan, apabila Gendang Siantan merupakan kesenian dari Pulau Siantan. Sedangkan kesenian Gubang dari Pulau Jemaja. Kalau Mendu, tambah dia, beberapa daerah juga punya seperti Sedanau Kabupaten Natuna.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KKA Masykur mengatakan, pihaknya akan segera menginvetarisir Kesenian dan Kuliner khas Anambas. ”Kita akan segera inventarisir dan dorong agar dapat dipatenkan,” tutup Masykur. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here