Kinerja Awe Luar Biasa

0
229
BUPATI Lingga H Alias Wello saat turun ke sawah ikut membantu kerja program cetak sawah. f-tengku/tanjungpinang pos

MBS.LUAR BIASA,Kabupaten Daek Lingga jadi terkenal saat ini karena berhasil mencetak ribuan hettar lahan persawahan untuk menanam padi (beras) sebagai kebutuhan pokok umat manusia dunia. Bukan tangung2 Mentri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman 7/9 lalu lansung turun tangan memberikan bantuan dan dukungan penuh bersama Gub.Kepri Nurdin Basirun yg disambut Bupati lingga Alias Welo. Baru satu2nya akan menjadi penghasil beras terbesar di Kepri setelah Pl.Kijang Inhil Riau dan Tanjung Jabung Prov.Jambi .Hari2 kita makan nasi dari beras asal padi,itulah proyek yg sedang diolah Kab. Lingga dalam jangka pendek,tapi nyata tanpa banyak wacana serta rencana yg selalu molor.Semoga Allah SWT ikut meredhainya,amiin.
+6281364252006

TANGGAPAN:
Pemkab Lingga akan terus berupaya mengembangkan sektor pertanian, termasuk persawahan. Yang terbaru dinas Pekerjaan Umum Pemukiman dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lingga kini mendapatkan tugas untuk berperan langsung menyukseskan program pengembangan pertanian persawahan di Lingga.

Pekerjaan khusus menyiapkan pembangunan irigasi di semua lokasi percetakan sawah yang telah dibuka saat ini. Proses awal yang dilakukan PUPR sudah melakukan sosialisasi dan musyawarah dengan masyarakat di lokasi percetakan sawah di Desa Sungai Besar.

Sosialisasi yang dilakukan di Sungai Besar, masyarakat sangat antusias dengan program pembangunan irigasi. Hal ini ditunjukkan dengan setujunya masyarakat, untuk menghibahkan lahan dalam memsukseskan pembangunan irigasi.

Setelah warga setuju menghibahkan lahannya, tahapan selanjutnya setelah pembebasan lahan pada tahun 2018 mendatang. Selain pembebasan lahan, PUPR juga akan menyiapkan Detail Engineering Design (DED) dan dokumen lingkungan hidup sebagai syarat yang harus dipenuhi untuk pembangunan irigasi yang akan dilakukan pemerintah pusat.

Syarat kelengkapan itu harus dibuat dahulu. Setelah itu, baru pemerintah pusat mengeluarkan anggaran untuk pembangunan irigasi nanti. Insya Allah. Tahun 2019 sudah mulai terbangun jaringan irigasi di Sungai Besar dengan dana dari Pemerintah Pusat. (TIR). (ais)

Sumarno,
Kepala Bidang Pengairan PUPR Kabupaten Lingga

TANGGAPAN:
Program ini dari kementerian PUPR RI yang siap membantu mensukseskan program cetak sawah baru di Kabupaten Lingga. Program cetak sawah baru, memiliki luas lahan sebesar 3 ribu hektare (Ha).

Pak Menteri sudah memberi arahan, setiap program cetak sawah baru harus diprioritaskan bantuan pembangunan jaringan irigasinya. Khusus untuk Lingga, kita bantu melalui mekanisme DAK Penugasan.

Kami sudah minta Bupati Lingga H Alias Wello untuk segera memerintahkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan untuk berkoordinasi dengan tim kementerian. Harus secepatnya. Jangan sampai pak Presiden tahu, jika pak Bupati cetak sawah baru tapi jaringan irigasinya tidak ada. (ais)

Ir Agung Djuhartono CES,
Dirbinops dan Pemeliharaan Dirjen Sumber Daya Air, Kementerian PUPR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here