Kinerja dan Fasilitas Puskesmas Terus Ditingkatkan

0
540
Periksa pasien: Dokter di puskesmas Kawal saat memeriksa pasien. F-ADLY BARA HANANI/tanjungpinang pos

KAWAL – Perangkat Kecamatan Gunung Kijang menggelar Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) pada Rabu (1/2) pekan lalu.

Salah satu yang dibahas adalah mereka berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat di tingkat Puskesmas, Kecamatan Gunung Kijang.

Sekretaris Dinkes, Untung Setiadi mengatakan setiap terkait kinerja puskesmas selalu dievaluasi secara menyeluruh, baik itu fasilitas, dan pendukung lainnya.

Kinerja petugas setiap bulannya selalu mendapatkan pembinaan di internal puskesmas. Ini dilakukan berdasarkan evaluasi yang dilakukan kepala puskesmas.

”Evaluasi itu mencangkup dari kesiapan kendaraan operasional seperti mobil Ambulans, obat-obatan, peralatan medis serta evaluasi kinerja. Apalagi saat ini program kesehatan gratis sudah berjalan, kita harus maksimal secara kinerja dan pelayanan. Jadi evaluasi kinerja dan peningkatannya terus dibina,” jelas Untung.

Camat Gunung Kijang Sattridha Novfykar saat Musrenbang mengatakan, salah satunya usulan utamanya tentang peningkatan fasilitas pelayanan dan peningkatan kinerja petugas puskesmas di Kawal, Kecamatan Gunung Kijang.

Menurutnya, sejak diberlakukan pengobatan gratis di puskesmas pada tahun ini, peningkatan fasilitas dan pelayanan puskesmas perlu juga dibenahi untuk kesiapan.

”Kita merujuk program Pak Bupati Bintan, yakni pengobatan gratis di tingkat puskesmas untuk masyarakat Bintan harus siap melayani masyarakat. Tidak hanya siap secara jumlah petugas, tetapi peningkatan kinerja petugasnya juga perlu dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes),” ujar Sattridha, Selasa (7/2).

Menurutnya, kecamatan harus bersinergi dengan puskesmas dalam hal peningkatan pelayanan. Dengan harapan, petugas puskesmas mampu mengatasi pelayanan kepada masyarakat dengan dukungan fasilitas puskesmas yang memadai.

Sattridha juga menambahkan, kinerja dan fasilitas harus seimbang. Dengan begitu, puskesmas mampu menangani masyarakat hanya di tingkat puskesmas saja.

”Kita upayakan kinerja petugas puskesmas terus ditingkatkan, dan melalui evaluasi peningkatan kinerja oleh Dinkes. Berikut dengan fasilitas pendukungnya, yakni kelengkapan penunjang kerja petugas. Jangan nanti ketika ada warga berobat, kekurangan alat maka langsung di rujuk. Begitu juga dengan petugasnya, jika tidak mampu lantas langsung merujuk pasien ke RSUD,” jelasnya.

Pelayanan kesehatan gratis di puskesmas saat ini, lanjutnya, akan diupayakan tetap dilayani secara maksimal. Dan pelayanan gratis itu hanya untuk tingkat puskesmas saja.

Untuk itu dengan ada Musrenbang kecamatan, Sattridha mengusulkan tingkat kesiapan puskesmas di wilayahnya yakni Kawal. Agar pelayanan, fasilitas dan kemampuan puskesmas setara RSUD.

”Tahun ini juga akan diterapkan, puskesmas setara Rumah Sakit. Maksud dan tujuannya tetap sebagai peningkatan pelayanan kesehatan gratis. Tetapi fasiltas dan kemampuan petugas di tingkatkan,” ungkap Sattridha. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here